Langsung ke konten utama

# DEMI ANXIETY - 3 : Merubah POLA MAKAN

# DEMI ANXIETY  - 3
Merubah POLA MAKAN
4 pola yang harus kamu rubah untuk sembuh dari anxiety

.
Merubah pola makan adalah yang paling penting dari semuanya, khususnya bagi orang orang yang SADAR kalau anxietynya berawal dari sering berasal dari badan duluan (bukan pikiran)
.
Asalnya anxiety biasanya ada 2:
1. Dari pikiran:
Kamu mikir, membayangkan, menerka, mencoba menganalisa masa depan, atau beranggapan akan terjadi suatu hal yg buruk, (misal) akan pingsan dijalan, atau kamu menderita penyakit berat, dll..
dan pemikiran2 negatif ini yg membuat anxiety kamu muncul,
snxie muncul, kamu langsung stress..
dan stress membuat asam lambung menyempot keluar sehingga terjadi gangguan lambung (kelebihan asam lambung)
.
2. Dari fisik :
Ini alasan sangat klasik sekali, adalah gara gara TELAT MAKAN, atau makanan yang kamu makan terlalu banyak mengandung asam/gas, atau gorengan, kopi, alkohol, atau lupa makan karena keasikan kerja/main..
Biasanya awalnya tubuh terasa "tidak enak" (terasa ada yang aneh) dan akhirnya kamu takut kenapa kenapa, dan anxiety kamu muncul.
Dan akhirnya stress.



.
TIPUAN LAMBUNG  
Asam lambung yang sudah terkumpul banyak di lambung kamu, membuat kamu "MERASA KENYANG".
Apalagi untuk orang orang yang SUDAH SERING KALI telat makan, dimana dinding lambungnya sudah tebal, sehingga rasa lapar sudah tidak begitu terasa lagi.. (walaupun kebanyakan ini diderita wanita yg ingin tubuhnya kurus, tapi lelaki juga bisa terkena kebiasaan ini)
.
Akhirnya kamu hanya makan jika terasa lapar.
Nah, ini yang saya sebut kamu sudah TERTIPU oleh lambung kamu sendiri.

.
KEBIASAAN POLA HIDUP = ADAPTASI TUBUH
Tubuh manusia terkenal akan kemampuannya beradaptasi, orang utara (cuaca dingin) jelas memiliki badan lebih besar daripada orang yg hidup di cuaca panas.
Orang yang sering berpuasa, jelas mampu menahan rasa lapar lebih baik daripada orang normal.
Orang yang hidup di gurun pasir mampu menahan rasa haus dibanding orang yang hidup di iklim tropis.
dan seterusnya..
itu karena tubuhnya telah beradaptasi kepada lingkungan/keadaan sekitarnya.
.
Begitupun juga dengan orang yang sering stress, (baik karena stress pekerjaan, masalah hidup, ataupun karena anxiety) , tubuhnya sudah beradaptasi.

Hormon stressor sudah terbiasa keluar (misal) 50mg perharinya..
Lambungnya sudah terbiasa untuk mengeluarkan cairan asam xxx mili liter setiap harinya.. nah ini yang membuat orang yang bahkan sudah sembuh dari anxiety pun, masih mengalami gangguan lambung. dan ini bisa bertahan sampai 3 bulan, baru setelah itu sembuh (kembali normal) setelah tubuh kembali beradaptasi.
Jadi bagi yang sudah sembuh HARUS TETAP DISIPLIN menjaga pola makan dan menghindari makanan yang menimbulkan gas/asam lambung berlebihan.
Jangan tertipu, mentang mentang sudah tidak ada anxie lalu membebaskan diri makan sembarangan.
.

GAS LAMBUNG 
Saya rasa semua orang anxie setuju, bahwa yang SANGAT mengganggu itu bukan anxietynya , tetapi adalah rasa tercekik, sesak nafas, jantung berdebar, keliyengan mau pingsan, dll...
ya kan?
.
Nah, Ini biasanya disebabkan oleh gas lambung, jadi anggap saja lambung kamu seperti balon yang ditiup, sehingga membesar dan mengganggu organ tubuh di sekeliling lambung, yaitu jantung, paru, dan tekanan darah...
.
GAS lambung disebabkan oleh banyak hal, seperti karena banyaknya asam lambung, bakteri, makanan yang mengandung gas, atau yg sulit dicerna, telat makan (atau masuk angin kalo orang dulu bilang), dll
.

############## 
.

SOLUSI :
Solusi yang saya terapkan adalah :
1. MAKAN BERDASARKAN JAM 
Makanlah berdasarkan jam, bukan berdasarkan rasa lapar.
Karena (sudah diterangkan diatas "tipuan lambung" itu)
Saya juga tau masih banyak yang suka bergadang, ini tentu membuat jam makan anda berantakan (karena bangun siang), sarapan bisa jam 11 dan pola makan kamupun jadi berantakan..
Jika kamu makan berdasarkan jam, maka pola makan kamu tidak akan berantakan.
.
2. MAKAN TIAP 4 JAM SEKALI 
Makan Berdasarkan jam, yang baik adalah setiap 4 jam. Gak usah tiap 4 jam kamu makan besar loh, makan sedikit tetapi sering juga gpp...
Tujuannya disini adalah : MENJAGA AGAR PERUT KAMU TIDAK KOSONG..
jadi tinggal kamu atur sendiri aja...

Karena kalau perut kamu kosong, maka asam lambung kamu meningkat, dan ini akan menimbulkan gejala gejala gas lambung yg saya terangkan diatas

Sudah pernah panick attack kan? rasanya gak enak kan?
nah, panick attack PLUS perut kosong itu = rasanya bener bener seperti orang mau mati.. jadi jagalah perut kamu agar tidak kosong..
*/ makan bubur atau makanan yang mudah dicerna, ini sebetulnya salah ya... makanan yang mudah dicerna lebih cepat habis diperut dibanding makanan biasa.. jadi kalo kamu makan bubur, mungkin 2 jam lagi kamu sudah harus makan lagi.. kalau tidak perut kosong..
*/ Ya, saya tau kalau orang normal makan 5-6 jam sekali.. tapi karena asam lambung kita tidak normal makanya saya makan tiap 4 jam sekali.
.
3. JAGA MAKANAN 
Sudah ada artikel mengenai ini (di buku atau di blog ini).
mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dimakan.
.
4. COBA COBA MAKANAN 
Perut orang beda beda, jadi saya bebaskan kamu untuk makan apa saja, ASALKAN jika kamu kumat, kamu catat makanan tersebut, jadi besok gak usah dimakan lagi.
Saya pernah makan duren, walalupun saya tau itu tidak boleh bagi orang yg asam lambungnya tinggi, alhasil panik saya kumat ditempat, dan besoknya saya gak makan itu lagi..
Jadi , ingat kalo mau coba coba makanan, lebih baik dirumah saja, jadi kalo kumat kan gak parah parah banget.
.
5. JIKA SUDAH TELAT MAKAN
Ya ini pasti tubuh terasa aneh, menghilangkannya bisa dengan minum air hangat (atau teh manis hangat, terserah yang penting hangat) dan tunggu sampai sendawa, setelah sendawa keluar saya jamin tubuh kamu berangsur angsur membaik..
Karena Sendawa itu sebetulnya mengeluarkan gas lambung yg berlebihan..
(note: selain sendawa, gas lambung juga bisa keluar dari pantat alias kentut, gpp lah yang penting badan enakan) ya gak?
.
OBAT untuk YANG SUDAH telat makan, jelas obat antasida, seperti promaag, mylanta, dll yang tugasnya menurunkan asam lambung yang sudah berlebihan itu.
Jadi jangan makan obat ppi (omeprazole, lansoprazole,dll) yah, karena itu untuk mengikat agar lambung kamu tidak mengeluarkan aslam terlalu banyak, sedangkan posisi kamu disini adalah : ASLAM-nya SUDAH terlalu banyak.
.
6. KEDOKTER LAMBUNG TAPI TIDAK SEMBUH SEMBUH 
Ini sudah banyak yang seperti ini, Analisa dokter adalah dispepsia (alias gangguan lambung) tapi penyebabnya apa? mereka belum tau (mereka bisa tau setelah diendoskopi, cek darah, cek cairan, dll yang harganya lumayan tinggi).
.
Jadi jika obat dokter masih tidak berpengaruh, kamu bisa mengeluarkan pendapat kamu kedokter, misal : "bagaimana jika lambung saya gpp? bahwa yang salah adalah hormon di otak? (serotonin)"
Darisini mungkin kamu dikasih obat valisanbe (yang isinya valium, yaitu obat tidur yang umum digunakan oleh dokter umum (berbeda dengan alprazolam) yang biasa dipakai psikiater)
.
Jika obat valium (valisanbe) tersebut menyembuhkan gejala lambung kamu, berarti benar adanya bahwa gak ada yang salah pada lambung kamu, yang salah ada pada hormon/atau kelenjar di otak yang error gara-gara kamu selalu cemas atau stress.
.
Obat Valisanbe harus ditebus dengan resep dokter.
Obat lain selain valisanbe (yang tidak mengandung penenang) bisa ditebus bebas,  adalah ONDANSENTRON biasanya 8 mg..
ini bisa dibeli tanpa resep..
ini adalah obat yang biasanya dipakai untuk orang yang sedang kemoterapi, dimana kemoterapi menyebabkan hormon serotonin berantakan, yang dapat menyebabkan gejala yang sama persis seperti gejala yang kita rasakan.
.
NOTE : 
untuk masalah obat obatan ada baiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter pribadi kamu, disini saya bukan dokter, disini saya hanya berbagi pengalaman saja.. Saya pernah konsumsi ondansentron 3 hari sekali selama sebulanan dan lambung sama sekali tidak ada masalah sedikitpun. efek sampingnya pada awal minum hanya mungkin sering buang air besar.

.
.
Jika sudah kedokter tapi belum sembuh, mungkin masalahnya ada di jiwa & pikiran kamu.
~ erikwibowo

Komentar

  1. pak erik apakah kita bisa sembuh total 100% karna saya bener bener cape dengan ke adaan seperti ini , di saat anxiety itu kambuh saya serasa tidak ada gairah untuk hidup , dan bawaannya malas sekali untuk senyum , memang si semenjak saya nonton video dan baca blog bapak saya sudah mulai ada perasaan lega dan bahagia , tapi kadang suka muncul kembali perasaan apakah bisa sembuh total ? karna kalau saya lagi merasakan anxiety sedang tidak ada , saya rasa sangat tentram .
    san saya mau sekali sembuh 100% biar hidup saya bebas dari tekanan apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  3. Mas erik kalau makan mie telur yang bkan mi instan.misal mie di bakso apakah tidak apa2?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3