Langsung ke konten utama

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS
Pengetahuan

.
Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini :
http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html

.
AWAL MASALAH:
Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal.
*/ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik.
Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar.
Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD.
Rasanya memang seperti orang mau mati.
Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

.
Setelah kejadian itu, Otak Anda akan menekan TANDA BAHAYA jika:
a. Gejala PSIKOSOMATIS keluar, atau
b. Gejala GERD keluar
.
Semenjak hari itu, Anda menjadi terus khawatir,
khawatir akan Panik attack menyerang Anda di kemudian hari.
>> dari sini kembali ke tanda */  

.
Disini penderita mengalami 2 penyakit sekaligus, yaitu :
Cemas yg tidak kunjung berhenti (anxiety) dan gangguan lambung yg tidak juga kunjung berhenti (gejala gerd).
Ini jadi ada 2 penyakit = mentalnya kena anxiety, tubuhnya kena gerd.
.
Anxiety dan GERD ini seperti upin dan ipin..
Jika ada upin maka ada ipin.
Oleh karena itu Anda harus menjaga keduanya SEKALIGUS.
Pengobatannya pun juga Harus sekaligus
.

AKAR MASALAH
Jika dilihat dari sisi mental maka :
Psikosomatis disebabkan oleh Panik Attack
Panick attack disebabkan oleh Socialphobia, Agoraphobia, hipokondria
Dan phobia2 itu disebabkan oleh rasa cemas Anda yg berlebihan (anxie)

.
Jika dilihat dari sisi tubuh, maka :
Psikosomatis disebabkan oleh Panik Attack
Panick attack disebabkan oleh Serangan Gerd
Serangan GERD yg kumat disebabkan oleh, salah satu dari :
- telat makan
- tidak menjaga makanan (apa yg tidak boleh dimakan)
- pola hidup yg tidak sehat
- banyak pikiran, stress, khawatir akan sesuatu (anxiety)

.
INTINYA :
1. Anda harus menjaga PIKIRAN ANDA agar tidak anxiety (si Upin)
2. Anda harus menjaga PERUT ANDA agar tidak gerd (si Ipin)
.
INGAT :
1. Jika ada UPIN maka si IPIN juga ada, ini berarti...
2. Jika TIDAK ada UPIN, maka IPIN pun tidak ada.

----------------------------------------------------------------------------------------

# THE MASTER PLAN #

PLANNING 1
ANALISA MASALAH :
A. ANXIETY
Cari tau kenapa anda merasa cemas?
Tidak ada yang namanya cemas datang tiba-tiba,
ini pasti ada penyebabnya (TRIGGER-nya) :
penyebabnya bisa dari kekhawatiran anda yg mengkhawatirkan semua hal berlebihan ,
bisa juga karena ada event besar di esok hari,
atau bisa juga karena memang sedang ada masalah kehidupan.
atau bisa juga dari serangan gerd yg duluan datang,
.
Cari tahu Apa yang anda khawatirkan?
Cari tahu Apa yang anda takutkan?
Apakah kematian?
Apakah kegagalan?
Apakah kehilangan orang yang disayang? dll
.

B. GERD
Cari tau kenapa gerd kumat?
Tidak ada yang namanya gerd datang tiba-tiba,
ini pasti ada penyebabnya (TRIGGER-nya) :
coba ingat ingat :
apakah ini gara2 makanan yg barusan Anda makan?
Apakah Anda telat makan?
Apakah dari minuman? dll
Atau memang anxiety yang datang duluan sehingga menyebabkan gerd anda kumat?
.
.

PLANNING 2.A
SEMBUHKAN DULU ANXIETY-NYA
cara ini termasuk mengatur pola pikir anda, benahi pikiran, rubah cara anda memandang masalah, belajar pasrah , dll (sudah banyak caranya di sini)
lakukan cara yang anda perlukan agar anda tidak lagi merasa cemas, atau merasa khawatir akan serangan panik atau serangan GERD berikutnya.
.
Cara mudah lain adalah :
Dengan Menyembuhkan Dulu Psikosomatisnya
Ini adalah dengan meminum obat psikiater agar gejala psikosomatis tidak menyerang. Anda dapat menjadi lebih tenang untuk menyelesaikan :
1. Masalah Beban Pikiran (yg membuat anda anxiety & stress)
2. Masalah Perut Anda
3. Dan semua masalah yg sudah Anda saring di PLANNING 1

INGAT:
Masalah tidak akan selesai jika tidak diselesaikan
.
Dengan menyembuhkan mental terlebih dahulu, maka gejala GERD akan terlihat tidak begitu seram, Anda akan mempunyai semangat untuk sembuh dari gerd.
Sisanya tinggal menjaga makanan saja.
.

PLANNING 2.B
SEMBUHKAN DULU GERD-NYA
Ini dilakukan dengan cara : pergi berobat ke dokter lambung, mengkonsumsi vitamin atau supplemen yang memperkuat pencernaan, dan menjaga makanan :
1. apa saja makanan yg ingin dimakan?
2. pelajari makanan yg sudah dimakan, apakah itu membuat anda kembung?
2. kapan terakhir makan? apakah sudah telat?
.
Jika GERD sembuh lebih dulu, maka gejala psikosomatis tidak akan seheboh dulu.. Anda bisa dengan lebih mudah mengakses pikiran Anda, membenahinya, dan menyelesaikan semua masalah yang membuat Anda cemas dan stress.
.
.

PLANNING 3
LOCKING DOORS. KUNCI PINTU DARI ANXIETY
Planning ini bertujuan untuk Menjaga agar anxiety tidak kumat lagi di kemudian hari, atau di beberapa tahun kedepan, yaitu dengan merubah pola pikir Anda , atau sifat Anda dan tentu merubah cara Anda memandang (atau merespon) sebuah masalah.
Jika anda tetap memandang masalah sebagai sebuah ancaman, maka anxiety akan kumat kembali di kemudian hari.
.
cara yang paling mudah yaitu:
Dengan membiarkan anxiety merubah diri Anda.
Membentuk diri Anda menjadi pribadi yang baru.
contoh :
Jika berpikir masa depan membuat anda cemas, ya gak usah dipikirin lagi.
Jika anda berpikir kena anxie gara2 kurang sholat, ya jangan gitu lagi.
Jika jarang olah raga membuat tubuh anda lemah, ya jangan gitu lagi.
Jika makan sembarangan membuat anda gerd, ya jangan gitu lagi.
Jika mengontrol orang lain & keadaan, ini akan menambah beban Anda ya coba untuk jangan terlalu di kontrol.
dll.

.
NOTE:
T : Berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk sembuh?
J : Ini tergantung orangnya,
jika orangnya tidak khawatiran, minum obat gerd saja pun bisa langsung sembuh.
Jika orangnya flexible, iya iya aja.. ini bisa lebih cepat sembuh.
Jika orangnya ribet, pemikirannya detil dan kompleks ini membutuhkan waktu yg lama
Jika orangnya ribet + Detil + keras kepala, ini bisa sangat lama.

Namun rata rata bisa sembuh di sekitar 12-16 bulan,
(jika ia melakukan ke 3 planning di atas.)

Komentar

  1. Alhmdulilah setelah saya bisa mengentrol pola makan dan pola hidup saya, saya nemukan kembali penyempurna untuk kesembuhan gerd dan serangan panik, mudah2 setelah saya bisa menguasai polapikir saya, kedua penyakit ini bisa saya kendalikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin... perubahan pola pikir yang paling susah dari semuanya.. bulatkan tekad yaa..

      Hapus
  2. Ampun dah sy udah diponis GERD, tapi harus tetep semangat,,nah yang sulit perbaikan pola pikir dan meredakan paniknya itu yang bikin cemas,,takut dan GERD langsung datang dan lebih dasyat lg..tp klw bagi yang muslim insyallah dengan banyak dzikir, tdk lupa shalat insyaallah semuanya teratasi dan sembuh deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. BENER.. dzikir ngaruh banget... orang awam bilang itu dzikir, tapi kalo orang bule bilangnya itu meditasi.. teruskan om

      Hapus
  3. Saya ga kerasa sakit pada lambung . Tapi saya cemas sekali saya akan mati 😂😂
    Ngerasa saya akan mati
    Dan takut sekali akan kematian

    BalasHapus
  4. terima kasih gan atas pencerahannya dan sharing artikelnya..
    saya merasa bersemangat sekali setelah membaca artikel agan...
    semoga kita semua selalu diberi kesehatan lahir dan batin oleh Allah SWT...aamiin

    BalasHapus
  5. Salam hangat mas, saya terserang penyakit panik yang cukup menyiksa. Apalagi klu naik seped motor tiba2 hujan sayapun langsung kumat ga karuan. Pikiran kacau dan cukup menyiksa jiwa raga. Mohon arahannya mas. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang begitu, dan banyak yang begitu
      materi untuk sembuh banyak ada di blog ini kok

      Hapus
    2. Mas sy pernah kena panik akut. Sy sdh sembuh. Kontak sy ya 08174845759

      Hapus
    3. Aku juga seperti itu..saya di vonis GERD

      Hapus
  6. Bagi kontak dong biar bisa share

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabung kesini aja
      https://www.facebook.com/groups/bukuanxietyerik/

      Hapus
    2. Lewat watsup atau bbm mas saling motivasi coz klo sama2 yg mengalami bisa saling ngerti and support.thanks mas

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. lewat fb grup aja..
      whatsapp dan bbm udah kebanyakan massampe bingung saya balesnya

      Hapus
  7. Ok saya dah gabung mas,,,

    BalasHapus
  8. mas... apakah setiap psikosomatis harus ke psikiater? saya terkena psikosomatis karena sy skoliosis... apakah skoliosisnya harus disembuhkan dl... kan cukup berat juga klo disembuhkan dulu... dan sy ngga ke psikiater.... sy coba banyak dzikir ngaruh ngga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak zikir, pengaruhnya ke mental, tidak ke fisik.. untuk skoliosis harus dengan dokter karena itu ke fisik kan..

      Hapus
  9. ngikut gabung ya mas... saya awalnya kena anxiety, tp masih bs olah raga walau masih agak pusing dan limbung, tp gara2 ga mkn mlm mau nonton star wars, paginya kena serangan GERD ampe sesak napas mau pingsan... sekarang lagi masa penyembuhan...
    ternyata kehilangan saudara bs bikin anxiety mendadak walau sudah berlalu 2 bulan...

    BalasHapus
  10. terima kasih banyak atas informasi yang telah diberikan senang bisa menyimak!

    BalasHapus
  11. thx atas pencerahannya,, mudah2 kita semua selalu dalam lindungan allah SWT.. dan dapat di sembuhkan dari penyakit ini.. sesungguh nya allah lah yang menyembuhkan penyakit ini..

    BalasHapus
  12. Seneng banget pas tau kalau aku ngalami kaya gini ga sendirian. Berawal dari menyaksikan sendiri pas nenek kritis karena sakit komplikasi, sejak saat itu ketika ada keluhan sedikit saja di tubuh langsung searching google dan ketakutan sendiri. Udah gitu, pas kena serangan perut selalu mual dan ga nafsu makan. Pikiran tambah kacau dan tambah ketakutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget dengan saya..nenek saya meninggalnya mendadak krn komplikasi dan saya jadi trauma..jadi mbak sudah sembuh blm?

      Hapus
    2. Sama banget dengan saya..nenek saya meninggalnya mendadak krn komplikasi dan saya jadi trauma..jadi mbak sudah sembuh blm?

      Hapus
  13. terima kasih atas infonya mari kita pola hidup sehat dan makan makan bergizi serta taratur

    BalasHapus
  14. Mas...saat ini saya juga sedang mengalami hal yang demikian pikiran kacau...ketakutan berlebihan...sesak nafas...takut ini itu...saya lagi ikhtiar dengan lebih mendekatkan diri pada ALLOH SWT saya tidak sendiri alahmdulillah...mari saling menyemangati mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. PERBANYAK HAMDALLAH yaa... kurangi astagfirullah nya, karena kamu TIDAK BERADA DALAM BAHAYA.. jadi alhamdulillah aja atas semua rezeki yang udah Tuhan kasih ke kamu.. itu saja bisa bikin kamu lebih tenang

      Hapus
  15. Salam kenal erik wibowo...seperti.nya saya mengalami ini..dari smp saya baru paham apa itu anxi,ada teman yg seperti saya sering tulis status,saya cari tau ternyata gejala.nya sama kaya apa yg saya rasakan selama ini...saya udh add group,mohom di acept,terimakasih...

    BalasHapus
  16. Setuju mas erik . Saya di vonis dokter memiliki penyakit gerd dan kecemasan padahal saya sudah chek up semua dan hasilnya aman . Setelah itu saya berfikir bahwa saya sakit karena sugesti saya selalu melebih2 kan sesuatu padahal saya tidak apa apa . Bahkan saya sempat dihina dokter karena sudah pusing ngurusin sakit saya . Sampe dokter bilang gini. Kita dokter ga bisa apa apa dan hasil chek semua kamu sehat . Tapi sikologi kamu yang sakit . Begitu katanya . Dan kalo saya pikir2 ada benernya omongan tu dokter . Lalu saya mikir awalnya saya begini karena saya emg terlalu membesar2kan segala hal .dan selalu berfikir yang terburuk . Padahal itu kesalahan yang berujung seperti ini . Padahal semuanya hanyalah perasaan .dan yang paling parah saya pernah ngalamin panik disorder . Tapi saya lawan dan saya cuekin . Dan alhamdulilah perlahan saya mulai membaik karena sering baca tulisan mas erik dan tentunya dengan usaha dan kerja keras lalu berdoa dan ikhlas .dan menghindari pikiran2 negatif tentang seberapa buruknya penyakit ini .buat agan agan yang mau chat invite aja pin saya . Saya akan bantu kesulitan kalianD63C7271 atw line ardi_kimberly

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya penget bgt aktifitas kyk dluu.. Semenjak sakit lambung pikiran jd kacau takut sendirian dll jd mls beraktifitas gimana ya mas cara menghilangkan ny makasih

      Hapus
    2. Ya bagus , ibadah adalah mukjizat

      Hapus
  17. Saya gerd udah hampir setahun kadang ngerasa sehat kadang begitu lagi dan sekarang anxie selalu datang kepikiran masih muda udah masalah lambung gimana nanti kalo aminn insyallah bisa hidup sampe tua yg pencernaanya udah menurun. Ngerasa dimana2 terancam jiwanya selalu takut kumat :(

    BalasHapus
  18. Mau tanya kalo gerd sama psikosomatis berbahaya ga ? Ditunggu jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gerd ya diobatin, psikosomatis gak bahaya cuma sangat mengganggu aktifitas aja

      Hapus
  19. Saya takut untuk menelan (tersedak), entah itu makanan ataupun minuman. Karena itu juga berhubungan dengan takut akan kematian. Lalu solusinya gimana ?

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Sudah mengerti semuanya sudah baca ini dan itu tapi susah bgt untuk menerapkan kpd diri sndri.. saya sdh mnglami ini slma 3 thun . Dan 1 tahun trkahir ini sya shopping dkter trus . Hingga smpai detik ini sudah hampir 2 mnggu sya sngt mrsa ktkutan skli krena pannic attck yg 1 thun llu kmbuh lgi dan rsanya lbih sering shngga sya d rawat . Karena trus kpkiran pnyakit jntung . Kalau udd berdetak kencang bgt rasanya mau matiii sesak lemas bgt .. khwtiran pun trus mnerus mncul .. pdhl dkter sdh mnytakan jntung dan paru" smua normal . Cma memang sya ada gerd attck jga .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dokter gak bisa sembuhkan, coba ke psikiater.
      kalau psikiater hanya membuat tenang, tapi kumat terus, minum obat terus..
      berarti yang salah ada di pemikiran kamu.. itu makanya saya bikin buku..

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. 081346837766 yuk kita saling sharring

    BalasHapus
  24. Izin share. Sy dn tmn sy mngalami.

    BalasHapus
  25. Trauma kegagalan rumah tangga orang tua menjadikan sy takut kehilangan suami ada mslh sedikit sj larinya ke pengkhianatan aplg suami suka main perempuan apa yg harus sy lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEGERA kelarkan masalah rumah tangga.. ambil keputusan atau ultimatum.. pokoknya diselesaikan dulu semua masalah yang mengganggu..
      abis itu, baru benerin kecemasannya

      Hapus
  26. mas mau tanya... apakah gerd dan anxiety menyebabkan kalo tidur malam kalo bangun suka keringatan.... ? terima kasih

    BalasHapus
  27. Saya juga sedang berjuang sembuh .. Semangat

    BalasHapus
  28. Saya juga sedang berjuang sembuh .. Semangat

    BalasHapus
  29. Saya juga sedang berjuang sembuh .. Semangat

    BalasHapus
  30. Saya juga sedang berjuang untuk sembuh

    BalasHapus
  31. Saya sudah hampir 4 bulan terkena GERD+Anxie/Psikosomatis ini, salah satu cara penyembuhannya benar seperti yg mas erik sampaikan lebih mudah dengan mengatasi psikosomatisnya dahulu, intinya dari pikiran, jika sudah diatasi, ketika GERD nya nanti kambuh gejalanya tidak akan seheboh dulu ketika masih ada psikosomatisnya :)

    BalasHapus
  32. Balasan
    1. Pak gimna penyembuhan saya , menurut bapk . Awalnyaw saya kenanya pas selesai sholat saya berasa mau jatuh , dan bersebar hebat kesemutan dan gak bisa gerak gak bisa diungkapin kata2 pak . Saya ke.dokter dan katanya asam lambung , setelah sebulan berobat ternyata saya kumat lagi dan lebih parah sampai di bawa ke ugd . Padahal kata dokter saya gak knpa2 . Saya disuruh ke psikeater , saya gak gila pak 😭 . Bantuin saya pak . Sejak itu saya takut sholat . Meurut saya inikan fatal pak . Tapi gmna ya ? Memng dipikir2 saya awalny ngeliat orng lagi sholat meninggal sejak itu saya kepikiran . Jadi takut . Mohon bantuanny pak .

      Hapus
    2. coba ke psikiater aja... dari cerita kamu sih kayanya benar anxiety disorder... kalo gak ya baca buku aku , mbak nanda

      Hapus
    3. Sama banget sama yg aku alamin,gerd ku udah membaik, tp tiap malem gini selalu panik, takut bgt mati, deg2an bukan main,sempoyongan rasanya

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Mba retno saya jg seperti itu,gmn ya mas nanganinya
    Terima kasih

    BalasHapus
  35. salam sehat mas erik, mau Tanya kl neurobion bagus ga buat penyembuhan anxiety?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba, gak bagus... malah pusing...
      saya gak akan rekomen vit b kompleks kalau neurobion sudah bagus

      Hapus
  36. Mas erik saya juga sering bolak balik igd tetapi semua tidak papa.. Samapi akhirnya ke rs di suruh ke psikiater. Saya sudah ke psikiater dan sdh di kasih resep obat tetapi blm saya tebus obatnya krn saya takut ketergantungan dgn obat tsb. Mhn solusinya mas apa saya hrs tebus obatnya atau tidak. Cuma skrg anxiety saya lumayan membaik sejak browsing" mengenai penyakit tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mengganggu aktifitas (jika kamu kerja/kuliah) ya dimakan obatnya.. kalo cemasnya masih bisa dikendalikan, sudah mulai nyaman yaa gak usah

      Hapus
  37. Assalamualaikum..om Erik saya sudah 2 bulan sakit.awalnnya naik motor lalu tiba² gelap dan mau pingsan.lalu ketakutan segala macam.setelah di lakukan pemeriksaan lambung nya yg bermasalah..setelah itu tiap hari nya seperti makin lemas.dan ketakutan.sempat dirawat juga di rumah sakit.keluhan sekarang ini sering mual.tulang belikat dan tangan kiri sakit.pandangan mata saya kabur jadi saya ketakutan kalau keluar rumah.kalau panik nya datang makin kabur saja penglihatan saya(apakah memang seperti ini)..mohon pencerahannya..🙏

    BalasHapus
  38. Assalamu'alaikum... Mas erik,sya sudah hampir 10 bln skit asam lambung. Yg sering dirasain mual,sesek dll. Stiap hri cemas,klo udh cemas kdg2 kyk mw panic attack tp aq cba trus lawan dg brfikir postif. Tp sulit skali. Stiap hri dr muali muagun tidur smpe tdur lg slalu aja otak ini brfikir tntang pnyakit,apa yg krasa di bdan bdan di rsain. Mual sdkit jd makin mual... Ya Allah lelah rsanya. Ska sedih klo kiat ank dan suami,njak kena penyakit ini sya jd pendiam kdg ngelamun. Hmpir tdk punya harapan sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir sama mbak dgn yang kualami sekarang

      Hapus
  39. Bahagianya kalian sdh bisa kendalikan pikirannya... saya kena penyakit ni sjk SD trs smpt sembuh dan kumat d tahun 2014 dan smbuh lagi dan kumat d tahun 2018 ni sekitar 2 minggu ... rasanya saya ingin bunuh diri saja .. saya butuh dukungan dan kata2 positif dr teman2 semoga pemikiran ingin bunuh diri dpt disingkirkan agar saya tdk kumat paniknya ini ...

    BalasHapus
  40. Subahanallah,,,ternyata bnyak tmn2 yg ngrasainn sakit ini,,saya dulu panic tp gk parah kayak slma 2bln lebih,,bener2 menyiksa pa lg saat terjadi,,tp saya mencoba bersyukur ,tersenyum,tarik nafas panjang hingga trasa nyaman di dada,,saya ingin normal dan sembuh ,,

    BalasHapus
  41. Knapa penyakit ini sangat menyiksa ya.apa lagi saya ada perasaan mau bunuh diri
    .knapa ya mas erik

    BalasHapus
  42. Saya sedang berjuang untuk lepas dari anxie

    BalasHapus
  43. Mas Erik, mau tanya nih. Saya sering berasa celikit-celekit di dada kiri dan kanan. Seperti ditusuk-tusuk. Kadang tiba keringat dingin, lalu timbul cemas (atau mungkin karena ada cemas tersembunyi di alam bawah sadar saya). Memang saya ada gerd sejak 9 bulan lalu. Pengalaman Mas Erik, apakah rasa celekit-celekit atau nyeri dada kiri dan kanan dan berpindah/bertahan itu adalah salah satu ciri-ciri psikosomatis gerd? Saya cek EKG beberapa kali hasilnya bagus, treadmill jantung juga bagus, rontgen juga bagus, tes darah normal. Trims balasannya.

    BalasHapus
  44. Mas Erik, mau tanya nih. Saya sering berasa celikit-celekit di dada kiri dan kanan. Seperti ditusuk-tusuk. Kadang tiba keringat dingin, lalu timbul cemas (atau mungkin karena ada cemas tersembunyi di alam bawah sadar saya). Memang saya ada gerd sejak 9 bulan lalu. Pengalaman Mas Erik, apakah rasa celekit-celekit atau nyeri dada kiri dan kanan dan berpindah/bertahan itu adalah salah satu ciri-ciri psikosomatis gerd? Saya cek EKG beberapa kali hasilnya bagus, treadmill jantung juga bagus, rontgen juga bagus, tes darah normal. Trims balasannya.

    BalasHapus
  45. Saya mengalami kecemasan yang amat sangat.
    sejak 2006 kena lambung ,yg namanya harta benda sampai habis2an,
    berat badan yg awalnya 65kg sampai melorot jadi 50kg,
    tp Alhamdulillah th 2015 dg merubah cara berpikir saya yg tadinya ribet+detail+keras kepala persis kata Mas Erik,berat badan mulai naik skrng 63kg.yg saya herankan setiap menunggu sesuatu dikeramaian pasti cemas berlebih kumat,misal nunggu seseorang di stasiun,diundang rapat,acara selamatan,dll yg paling menjengkelkan ketika hadir dimasjid utk jumatan pasti kumat,sampai beberapa kali waktu sholat jumat rasa cemas muncul,sampai gemetar semua..terpaksa saya batalkan sholat.. dan pindah kebarisan paling belakang..
    Apakah yg saya alami termasuk anxiety.. dibuku Mas Erik yg ke 2 ada saran minum vit. B complex(wellness)sehari brp kali diminum pagi atau malam?
    Trims

    BalasHapus
  46. Alhammdulillah
    Saya kurang lebih 2 tahun mengalami Anxiety ini.
    Udh jadi dr shopping aja slama 2 tahun, pas cek-cek banyak searching di internet. Alhamdulillah baru sadar kalo penyakit saya adalah anxie ini.
    Slama 2 tahun rasa mau mati itu kerasa banget, apa lagi 6 bulan trakhir sblm tau kalo saya anxie. anxie saya makin parah, sampe keluar dpn pager rumah aja ga berani. Sekarang Alhamdulillah sembuh total.
    Thx mas Erik tips-tips nya sangat membantu. Semoga Allah membalas sgala kebaikan mas Erik.
    Dan Semoga yang lainnya di sini yang masih anxie segera sehat dan dapat beraktifitas kembali.

    BalasHapus
  47. Pengalaman Gerd ini adalah cerita saya saat sakit GERD sama persis

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3