Langsung ke konten utama

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX
cara memilih vitamin B
.

Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg)
kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online

betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg.
ini sangat kurang sekali.
.

Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui :
.
1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii...
.

2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat.
.

3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin tubuh hanya menyerap sekitar 20 mg, sisanya hancur sama asam lambung (jumlah ini hanya estimasi saja). Nah kalo anda minum yang hanya 2 mg, keburu abis duluan disikat sama asam lambung.
Belum lagi keadaan anxiety anda yang ngebuat anda stress setiap jam, ini jelas membutuhkan LEBIH banyak vitamin B dari jumlah yang di butuhkan biasanya.
.

4. yang biasa saya minum merk wellness atau puritans pride, merk sea quill terlalu mahal buat saya. Kalo anda mau cari merk lain coba perhatikan komposisi vitamin b nya biasanya tertera di kemasan.

*/ berikut saya lampirkan foto komposisi vitamin B complex merk wellness yang banyak memberikan hasil. ini bisa dipakai sebagai perbandingan saat memilih vitamin b complex. Vitamin B kompleks merk Sea Quil memiliki kandungan yang sama dengan wellness dengan 2x lipat lebih banyak.
.

5. masing2 kegunaan vitamin B seperti B1, B2, B3, B6, B12 ini bisa di googling sendiri. (ini gak menyeramkan buat di baca)
googling juga mengenai Inositol dan Biotin katanya juga bisa membantu agar tubuh menjadi relax. Kedua unsur inilah yang membuat obat ini menjadi cukup manjur menurut saya.



Notes: 

Jika terdapat kelebihan vitamin dalam tubuh, maka tubuh Anda akan membuang sendiri Vitamin tersebut. ini yang menyebabkan air kencing Anda berwarna kuning. Hal ini normal dan malah bagus, Jangan takut .

vitamin B aman bagi maagh, justru vitamin C itu yang kadang membuat mual, ini karena vitamin C mengandung asam. Dan jangan mudah percaya sama dengan tulisan VITAMIN C "aman bagi lambung", kadang saya coba mual juga :(


CATATAN:
Bukan maksut saya untuk menyuruh Anda mengkonsumsi merk tertentu. Maksut dari artikel ini adalah agar Anda tahu vitamin dgn berapa kandungan mg? dan vitamin apa saja yang diperlukan? ini maksutnya agar Anda bisa memilih sendiri merk vitamin yang Anda mampu beli, namun dianjurkan untuk 50 mg dahulu.

Anda bisa menurunkan kadar mg setelah sudah mulai bisa mengontrol anxiety. Mungkin menjadi 25 mg atau 10 mg. Dan akhirnya kembali ke 2 mg (seperti yang banyak terdapat di multivitamin)

Baca artikel terkait :
http://erikwibowo.blogspot.co.id/2015/05/vitamin-b-kompleks-untuk-anxiety.html

Komentar

  1. rhoniee bhedellFebruari 03, 2015

    haahahhaha ternyata blok om erik to rupa y...
    thank,z om info y ntar di coba y....
    berarti yg paling bagos merk sea quill

    BalasHapus
  2. yg 50 mg aja om..
    seaquill dengan 100 mg, setelah semingguan konsumsi bikin pusing.. kayanya kebanyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna tablet vitamin b kompleks welness mmg bintik2 gitu ya mas erik

      Hapus
  3. Sering lmes jg pusing.maklum kuli..kira2 mlai dr brp mg dl ya......?

    BalasHapus
  4. Om erick saya coba sarannga beli vitamin b mega complex wellness, setelah minum kok kepala pusing, mual, lemas seperti mau roboh, mala jadi cemas, itu kenapa ya om, mohon pencerahannya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. awal minum menang begitu, diharuskan banyak istirahat.. karena badannya bawaannya mau tidur..

      2. orang anxiety memang terlalu waspada, sehabis minum obat mereka langsung menjaga jaga apa yang akan terjadi, dan efek apa yg akan dia dapat.. lalu dia nunggu tuh efek obatnya ON,
      dan akhirnya perubahan sedikit saja dibadan akan terasa banyak.
      ini JUSTRU yang membuat ANXIETY kamu KUMAT...
      gak ngaruh mau minum obat apa saja pasti kumat (karena parno sendiri)

      3. Efek pusing / keliyengan / mau pingsan, itu erat hubungannya dengan gejala GERD kumat, coba makan, peryt harus selalu dalam keadaan isi.
      saya saranin untuk MAKAN tiap 4 jam sekali, dengan begitu perut kamu selalu ada isisnya, dan jadi gak mudah keliyengan.

      salam.

      INGAT:
      kalo mau sembuh :
      KEINGINAN untuk sembuh kamu, harus LEBIIH BESAR dari rasa takut mu

      Hapus
    2. Mas Erick saya sudah hampir 1bulan menGalami rasa tkt cemas tkt mati jantung berdebar Debar sampai malam saya tidak bisa tidur dan asam lambung saya naik sesak nafas tambah panik setiap malam dada saya sesak sekali.. sudah cek ke dokter penyakit dalam krn stres jd Asam lambung naik... cara hilangkan pikiran negatif dan sugesti saya Yg tkt dan cemas tidak malam tiap mau tdr Gmn yaa mas Erick ... Mksh

      Hapus
  5. Baik om erik, terima kasih atas jawaban dan sarannya.

    BalasHapus
  6. saya sedang terapi obat dengan psikiater untuk menyembuhkan anxiety saya, saya sudah berobat sekitar 5 bulan dan efeknya lumayan, apa bisa saya stop berobat ke psikiater dan diganti hanya minum mega b complex saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terusin aja obat pikiaternya..
      itu kan diminum setiap hari sekitar 1 tahunan
      b kompleks 50mg, hanya untuk yang ingin sembuh tanpa jalur psikiater..

      cara penyembuhan antara self healing VS psikiater itu berbeda,
      Baca ini:
      http://erikwibowo.blogspot.com/2014/09/perbedaan-2-cara-sembuh-paling-favorit.html

      sayang kalau sudah terapi 5 bulan, tapi diberhentikan lalu diganti dengan b kompleks..

      Hapus
    2. ok, terima kasih sarannya..

      Hapus
    3. mending b complex aja, kalau saya cocokan dengan b complex ketimbang obat2an psikotropika, klo gk makan obat itu jadi ngerasa sakau, alhamdulilalh skr ketergantungan obat2annya udah ilang, skr pake b complex udah bikin aktivitas saya jadi lebih lancar

      btw saya pake b complex merk nutrimax

      btw saya minum sehari 2x, yang dosis 50mg, soalnya penyakit saya ini selain kecemasan, badan selalu ngerasa tegang, otot selalu sakit dan pegal, susah konsenstrasi, mudah panik, gk pede, susah mengambil keputusan, ngerasa bingung setiap hari, intinya depresi yang nyebabin susah ngetasin stress bahkan yang kecil pun kadang gk bisa dilawan.

      Hapus
    4. sebetulnya 50 mg + olahraga dan tidur cukup , itu sudah cukup..
      setelah setahun minum rutin, sekarang saya udah nyari yg 20 mg (biasanya ada di multivitamin)...
      tapi kebanyakan b6 suka jadi terlalu fokus (jadi keliyengan)..
      kalo memang udah keliyengan tapi butuh lebih b kompleks, yaa mending b kompleks 50mg + vit b12 untuk pegel2nya
      vit B12 banyak kok... (cari yg b6 nya sedikit atau b12 aja)

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Om Erik,vitamin b lebih baik diminum pagi atau malam hari?kemarin malam baru pertama minum wellness 50 malah tidurnya terbangun terus

    BalasHapus
  9. Om Erik,vitamin b lebih baik diminum pagi atau malam hari?kemarin malam baru pertama minum wellness 50 malah tidurnya terbangun terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti pagi.
      make it simple aja.

      usahakan pikiran tetap rilex yaa

      Hapus
  10. Mas erik..sebenarnya apa krn takut krn anxie apa memang ada efek samping dari b com.klo hbs minum mlh suka parno bngt .keringat dingin dan pusing.knp sebenarnya dengan saya.memang sih jgnkn obat,klo hbs makan sesuatu pun suka nunggu efek yg timbul kemudian.aneh pdhl dulu gk spt ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya karena parno sendiri..
      parno akan efek yang ditimbulkan, akhirnya nungguin
      jadi ada perubahan sedikit saja di badan terasa WAH (padahal cuma pegel, dikira sakit bahaya)
      gitu memang kalo orang anxiety...

      padahal vitamin b kompleks itu terdapat banyak di daging, telur, dll.. (hampir semua makanan atau kue pake telur loh)
      jadi sebetulnya gak bahaya..
      coba bedakan vitamin dengan obat
      vitamin seperti A B C itu ada di makanan
      sedangkan obat seperti "contoh : parasetamol" tidak akan ada di makanan yang kamu makan
      jadi ini beda jauh..

      tapi gpp, saya juga dulu pertama minum begitu

      Hapus
  11. Saya baru 4 hari minum vit b wellness. Kok kepala kiri rasa merinding gitu ya. Tp nggak pusing. Sblmnya blm pernah ada sensasi spt itu sih . . Kenapa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus banyak tidur dulu, sekalian diperbaiki

      Hapus
  12. Ngerik memang anxiety,, huft, bs smpai keringetan mulu.. tobat dah,,
    Baru konsumsi B. Com nih om. Mhon doa a om biar ane sehat, semngadh ngejalani hidup

    BalasHapus
  13. wellness mega b complex bukan yg dimaksud? puritans pride Stress Vitamin B-Complex with Vitamin C-500 bukan yg dimaksud?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya yg ada di indonesia adalah wellness dan nutrimax b complex..

      Hapus
  14. Apa obat ini bisa buat gemukin badan

    BalasHapus
  15. Apa obat ini bisa buat gemukin badan

    BalasHapus
  16. mas erik, saya muter muter di apotik area sidoarjo kok produk wellness kosong semua ya> mas erik dulu beli b complex wellness dimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di apotik guardian yg di mall mall besar... tapi kalo sekarang sih belinya di LAZADA atau TOKOPEDIA nunggu ada yg diskon... hehehe

      Hapus
  17. makasih banget atas semua saranx bang erik wibowo,dgn membaca dan menerapkan saran2 dr bang erik alhamdulilah semakin dimudahkan untuk berfikir positif,,,terima kasih bang erik wibowo

    BalasHapus
  18. makasih banget atas semua saranx bang erik wibowo,dgn membaca dan menerapkan semua saran2 dr bang erik alhamdulilah semakin dimudahkanuntuk berfikir positif ya walaupn terkadang fikiran negatif itu datang tapi masih mampu dikendalikan,,,terima kasih bang erik

    BalasHapus
  19. Om erik saya mau nanya, beli vitamin b merk wellness di online asli ga ya ? Tkut nanti ga asli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya vitamin/obat2an gak ada yg palsu...

      Hapus
  20. Halo Mas Erik. Aku Sari. Kebetulan aku tadi lagi browse nyari psiakter, eh terus ketemu blog mas ini. Nah aku pikir mau coba dgn b complex dulu dan aku mau titip temen yg ada di usa. Nah itu kandungannya harus bener2 lengkap dari b1 sampe b 12 kah. kalo kaya gini, bisa gak mas?
    Thiamine (as Thiamine Mononitrate) (B-1)
    Riboflavin (B-2)
    Niacin (as Niacinamide) (B-3)
    Vitamin B-6 (as Pyridoxide HCl)
    Folate (as Folic Acid)
    Vitamin B-12 (as Cyanocobalamin)
    Biotin
    Pantothenic Acid (as d-Calcium Pantothenate)
    Choline Bitartrate
    Inositol
    PABA (Para-Aminobenzoic Acid)
    kalo dosis, sesuai yg Mas sarankan.

    Semoga Mas berkenan menjawab pertanyaankuAku yah Mas. Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapain nitip di US di indo ada, cari merk WELLNESS atau NUTRIMAX itu kandungannya sama dengan foto diaatas... atau search di lazada/tokopedia banyak yg jual

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Makasih Mas udah mau ngejawab pertanyaanku. Dan iya Mas, aku akhirnya udah beli nutrimax juga.

      Hapus
  21. numpang nanya mas... waktu yang bagus untuk minum vitamininnya.. apa kah saat makan pagi atau saat makan malam mas.. ? terimakasih..

    BalasHapus
  22. Mau tanya ne klo b komplex nature plus sama wellnes bagusan mna?? Thx

    BalasHapus
  23. pagi mas.. mau nanya ya.. kl anxiety ini larinya ke vertigo (melayang) mungkin ga? trs kita2 yg ngalamin hal ky gini bisa puasa ga sih ya? soalny perut saya kosong sebentar lngsung brasa kleyengan. (tambahan info 2 mggu lalu saya baru dirawat krn diagnosany kekurangn kalium, dijalan saya sesak nafas dan lemes..tangan dan kaki kebas, smggu sblmny vertigo tp diksh resep neurobion sembuh) sayangny tb2 br setengah dosis (5hr) saya mnm obat saya ilang.. saya stop..2hr kmudian kejadian saya kena serangan (krn makan ga bener jg) dan akhirny dirawat.

    BalasHapus
  24. Om erik. Apakah mengkonsumsi vitamin b kompleks juga bagus untuk penderita gerd dan anxiety?

    BalasHapus
  25. Mas erik apa obat dari psikiater dan vitamin B kompleks boleh digabung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apa bisa karna sy berobat juga di psikiater...mohon jawabannya mas erik

      Hapus
  26. ada komunitas anxietas ga? daerah saya tak ada psikiatrist, xanax sudah tidak mempan

    BalasHapus
  27. Dulu saya lumayan sering terkena anxiety cemas perasaan takut mati .. was was..gak pd buat bersosialisi..takut seperti mau kena serangan jantung setelah dicek jantung baik2 saja..obat2 ga menyembuhkan saya .. setelah cari info sana sini obat paling ampuh adalah BUANG PIKIRAN NEGATIF Lawan pikiran2 buruk..selalu berpikir positif jalani hidup..pasrah pada illahi..alhamdulillah setelah sy terapkan hal diatas . Kini sy sudah tidak pernah lagi mengalami yang namanya serangan panik atau cemas seperti mau kena serangan jantung..note: cemas panik membuat asam lambung naik mambuat anxietas semakin menjadi .

    BalasHapus
  28. Bang erick untuk yg sudah 90 persen apakah baik minum b complek kalau memang baik..apakah b complek yg 50mg atau yg lebih rendah..tolong di replay balik.saran anda membantu orang lain

    BalasHapus
  29. Bang erick apa betul minum b komplek bisa menyembuhkan gerd. Saya di beritahu teman saya kalo dia sekarang sembuh dari maag karn rajin minum b komplek. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  30. Bang erick apa betul minum b komplek bisa menyembuhkan gerd. Saya di beritahu teman saya kalo dia sekarang sembuh dari maag karn rajin minum b komplek. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  31. Bang erik b complexnya bagus yg merek Wellnes apa yg Nutrimax? Saya pke yg nutrimax tpi suka kliyengan gtu ya kplanya

    BalasHapus
  32. Mas Erik musti minum berapa lama Wellness B-Complex sampai Anxiety / Kecemasan saya sudah hilang / normal.

    BalasHapus
  33. Om erik,klo vitamin yg namanya becom-c kira2 itu menunjang gak utk kebutuhan vit b komplek kt?

    BalasHapus
  34. Penyakit itu 90 % datang dari pikiran . 10% nya pola makan apalagi anxietas ..panic attack dan dihubung2kan dengan penyakit jantung atau GERD jadi konsumsi vit B compleks dan sejenisnnya tidaklah menyembuhkan tetapi hanya mengurangi . Bijaklah mengkonsumsi vit b kompleks sesuatu yang berlebihan pun tidak baik bagi tubuh .So Keep positive thingking .

    BalasHapus
  35. Saya sudah konsumsi seminggu obat psikiater (alprazolam + fluoxetin) ditambah wellness tiap pagi msh blm ada perubahan. Kepala terasa ga nyaman trus, tiap ke masjid panik attack nya kambuh terus. Mohon bantuannya bang erik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terapi dengan fluxetin butuh waktu ampe 6 -12 bulan .
      Klo mau instans
      Minum alprazolam secara tunggal ...

      Hapus
  36. Mas erik.. minta infonya yg jual b complex wellness di saudi dimana ya.. soalnya saya nyari2 di apotek sini pada ga ada.. apakah vit itu sudah mendunia atau masih cakupan indonesia aja??

    BalasHapus
  37. semoga karya mas Erik dalam membuat blog ini berbuah karma baik... sangat menolong dan menuntun dalam memahami apa itu si anxie, panic dan psikosomatik...

    saya mengalami dari tahun 2004... setiap tahun terus mengulang, ulang dan ulang tanpa tahu kenapa... sekarang, saya berusaha untuk lepas dari ini smua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap... saya sudah , semoga mas deddy juga berhasil..

      Hapus
    2. mas kalo sering lemes itu kurang vitamin b complex yah soal nya aku perut sih gak terllu sakit cuma begah aja ... trus jalan kliyengan juga mas

      Hapus
  38. Terimakasih bang eric,,Bermanfaat bgt masukannya, semoga berkah, dan kita bisa terbebas dari penyakit ini.. Aminn

    BalasHapus
  39. Terimakasih bang eric,,Bermanfaat bgt masukannya, semoga berkah, dan kita bisa terbebas dari penyakit ini.. Aminn

    BalasHapus
  40. mas eriks .. aku bingung apakah asam lambung ini masih ada terhadap saya sendawa masih ada sih mas cuma jarang... yg ada aku ini lemas nya mas setiap hari dan cemas itu ada juga apa itu anxiety udah 2 thn lebih mas kyak ini

    BalasHapus
  41. Iyaa saya baru minum 1x merrk wellness 50 mg besok nya saya mual parah trs kepala kliyengan trs rasa nya kayak tempurung kepala kesemutan kayak kebal gak berasa apa bnr kayak gitu?? Mohon balasan nya.. Jadi takut mau minum lagi..

    BalasHapus
  42. Mz erik apakah anxiety itu bisa membuat seseorang sakit tiap hari? Soalnya jampir stiap hari saya sakit trus 😥

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3