Langsung ke konten utama

Anxiety hanya berlangsung 30 menit

30 MENIT - MALES LATIHAN KELUAR RUMAH
Materi Buku ke-2 (untuk yg masih parah)
.

Mungkin masih ada yg takut untuk MENCOBA,
sekali lagi saya tekankan : TAKUT untuk MENCOBA keluar rumah, (misal) ke mall, ke tempat umum, dan memeilih untuk diam dirumah (di zona aman kamu)... walau anxiety sudah tidak kumat lagi...
.

Istilahnya = MALES LATIHAN
Begini, kalo males latihan kamu gak akan sembuh.. kunci kesembuhan dari anxiety itu ada di dalam mangkok berisi air panas (anggep aja begitu)..
Kamu harus celupin tangan kesitu untuk ambil kuncinya..
Jadi kamu harus experiencing (mengalami) suatu kejadian pahit (seperti kumatnya anxiety/panik didepan mall dulu, mungkin berkali kali, baru abis itu bisa sembuh)
.


Untuk latihan keluar rumah (misal ke-mall), triknya adalah :
1. JANGAN MIKIR
Karena setiap kamu mau pergi itu pasti anxiety dateng, ITU PASTI (bagi yg masih 90% sembuh aja pasti ada kok sedikit kekhawatiran) apalagi yg masih dibawah 90% sembuh...

Jadi kamu pergi pergi aja, biarpun cuma niat latihan keliling komplek naek motor pun, itu anxiety biasanya nongol, membuat kamu ragu, pergi gak yah? nanti kalo ada apa apa gimana? dll..

Jadi jangan mikirin itu lebih dalem, cuekin lalu pergi aja..

.
2. PASTIKAN PERUT SUDAH TERISI
Ini sangat penting, gunanya untuk meminimalisir serangan lambung di saat panik kumat dijalan... Makanya saya pernah bilang makan tiap 4 jam sekali, itu gunanya ya untuk meminimalisir datengnya serangan lambung..

Jika perut kosong, maka disaat kamu panik, lalu asam lambung menyemprot, dan tidak ada makanan yg diserap, maka timbullah serangan lambung + kamu jadi tambah panik.
oke? ngerti ya?
Jangan sampe lupa makan sebelum pergi ya, kalo perlu bawa makanan dijalan, atau aqua aja juga udah lumayan..
.

3. PREPARE (menyiapkan p3k anxiety) - optional
Siapkan p3k anxiety jika kamu memang benar2 takut, kalo yg udah mulai berani sih gpp gak usah bawa apa apa..
Barang2 yg dibawa seperti makanan, atau barang2 yg mengaktifkan panca indera, seperti mp3 player + earphone, fresh care untuk dicium, dan barang2 yg membuat kamu nyaman saat anxie datang.. (ada di buku ke 1)

.
4. 30 MENIT
Oke, sesudah kamu sampe di mall, (atau sudah dijalan) ketakutan akan makin besar, anxiety menyerang,
tapi bukan panik yah, itu hanya anxiety..
triknya adalah menunggu sekitar 30 menit dulu, sampai :
- hati kamu tenang, mengetahui bahwa tidak ada bahaya yg nyata disini
- badan kamu settle dengan suasana hati kamu
- Pikiran juga udah gak berisik..

kamu bisa nunggu diparkiran mall dulu, call a friend, atau ngeliatin jam tangan, biasanya gak sampe 30 menit udah enakan kok.. kalo yg dulu saya itung itu maximal 30 menit..
.

oke? habis itu semua kembali normal, tubuh juga kembali normal, baru deh kamu masuk mall... kalo perut terasa gak enak, kamu bisa makan cemilan yg kamu bawa tadi atau makan di mall..
.

*********
Rangkuman: sebagian dari kamu masih takut untuk MENCOBA LATIHAN mengoontrol anxiety, keluar rumah.. oh yaa?
Masa sih? kamu takut sama 30 menit?

Dan anehnya makin lama akan makin cepat loh, (misal) lama lama kamu hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk menstabilkan emosi, lama lama 10 menit.. lama lama 1 menit, lama lama normal kembali... hebat kan? itu yg dibilang "bisa karena terbiasa"
oke?
**********

.
Jangan takut sama 30 menit!
~erikwibowo

Komentar

  1. maksih tipsnya bro,,, anxietas bener2 mengganggu

    BalasHapus
  2. terimakasih.. sekali lagi terimakasih.. berarti besar buat saya

    BalasHapus
  3. Bagus infonya bang. Semoga bisa dipraktikkan

    BalasHapus
  4. Abng ss Trmakst sala satu org yg trkena AD ini dan saya mau brtrimakasi bayk buat blog.a ini karna sngat membatu saya hnya ada satu prtanyaan bsa ngk klw misl.a saya smbuh tris trima pelajaran gtu dari guru atau aktifitas kulia dgn byk tugas.

    BalasHapus
  5. Bener aku pergi ke swalayan liat banyak orang langsung takut, badan lemes pusing... setelah aku pikir2 dari lubuk hati yang paling dalam aku ketawa sendiri kenapa bisa takut hehe. Dan akhirnya anxie aku lama2 mulai berkurang hitungan menit. Dulu awal2 kena anxie lama banget, sekarang alhamdullilah sudah mulai berkurang. Terimakasih untuk blog ini.

    BalasHapus
  6. KETCEEEEE bang Erik

    BalasHapus
  7. Terimakasih bang, semoga kita tetap sehat selalu dalam lindungan alloh

    BalasHapus
  8. Sy mau tnya klo perasaan hati orng yg kena axienty itu gmn ya.??

    BalasHapus
  9. Sy org yg mempunyai perasaan sperti ini ,tp yg saya alami ini dari jantung dagdigdug gmetar klo dkat dengan orang lain itu bawaan nya tegang mulu,sy juga ga tau apakah itu pengalihan rasa malu sy,karna dulu sy org nya pemalu,smakin hari smakin parah hingga brtahun2 sampai skarang sy menutup diri dan keluar rumah pun jarang jarang hingga untuk sholat jumat pun sy rasa berat bgt,sudah merasa berfikir yg lain2 aja bawaan nya,nah sy slalu mikir pada saat saya bersama orng lain duduk itu rasa nya bawaan nya tegang aja hingga org lain ygb bersebelahan itu sampai ga nyaman duduk dengan sy karna badan mereka itu pada pgel2 akibat sy juga mungkin tegang melulu,,sy suka berfikir gtu,maaf kalo ada no wa bisa sy kontak agan..trimakasih sy ingin sembuh sy ingin merasakan ketenangan yg dulu smpat hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. social phobia ya... bisa kok disembuhkan... caranya cukup panjang.. coba cari di blog ini atau di buku ke 2 deh...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3