Langsung ke konten utama

KEGUNAAN LENGKAP VITAMIN B COMPLEX (dari b1 ke b12) untuk anxiety

VITAMIN B COMPLEX itu namanya, kamu bisa search (atau beli) di tokopedia, lazada, atau google...
(catet yaa: bukan B KOMPLEK yah, tapi B COMPLEX)

Vitamin ini isinya dari vitamin B1 -sampai dengan- vitamin B12
Jika tidak lengkap, berarti tidak bisa dibilang vitamin B complex.. (seperti neurobion yg isinya HANYA vitamin B1, B6, B12 - jadi tidak lengkap, makanya dinamakan neurobion, bukan vitamin b complex)

Kegunaannya masing masing, bisa di baca dibawah ini:

Vitamin B1 (Thiamin)
Vitamin B1 atau thiamin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang larut dalam air. Tiamin ini ditemukan pada berbagai makanan dengan konsentrasi yang rendah. Thiamin atau Vitamin B1 sangat penting untuk tubuh. Biasanya seseorang yang merasa pegal baik melakukan aktivitas yang padat maupun yang tidak berarti seseorang kekurangan vitamin B1. Jika lelah saja itu wajar, tapi jika pegal sampai-sampai tubuh susah digerakkan berarti tubuh mengalami defisiensi vitamin B1. Vitamin B1 selain mengurangi pegal-pegal, manfaat lainnya yaitu memperlancar sirkulasi darah, menstabilkan metabolisme, mencegah kerusakan syaraf, dan mengoptimalkan kerja otak.
Lalu apa resiko yang bisa ditimbulkan saat tubuh kekurangan vitamin B1? Seperti masalah pada daya ingat. Lalu kehilangan nafsu makan pada seseorang. Gangguan tidur seperti insomnia. Kemudian jika terjadi kekurangan vitamin B1 berat akan mengalami penyakit beri-beri sampai kelainan jantung. Beri-beri ada yang menyerang sistem syaraf dinamakan beri-beri kering sedangkan yang menyerang sistem jantung dinamakan beri-beri basah. Sehingga perlu untuk mengkonsumsi makanan seperti daging-dagingan untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin B1 dalam tubuh.




Vitamin B2 (Riboflavin)
Lalu vitamin B kompleks lainnya adalah vitamin B2 atau riboflavin. Seperti halnya thiamin,riboflavin juga larut dalam air. Berfungsi juga menjaga metabolisme dalam tubuh agar tubuh tetap sehat. kekurangan vitamin B2 menjadikan diri sulit beraktivitas dengan maksima.
Selain itu vitamin B2 ini juga mampu membantu proses pembentukan sel darah merah. Vitamin B2 ini penting untuk ANTI KARSINOGEN, karsinogen ini jika terlalu banyak dapat menyebabkan kanker (karsinogen biasanya terdapat sebagai bahan pengawet makanan)


Vitamin B3 (Niasin)
Vitamin B3 atau niasin juga merupakan vitamin B kompleks. Niasin terbagi menjadi dua bentuk yaitu niacinamide dan hexanicotinate dimana keduanya memiliki fungsi berbeda dari vitamin B3. Vitamin B3 ini dulunya sebagai obat penyakit pellagra (tenang, penyakit pellagra adalah penyakit musiman, ini kebanyakan ada di orang bule, khususnya yang sering makan jagung). Kemudian juga sebagai penurun kadar kolesterol jahat yaitu LDL dan menurunkan kadar Trigliserida. Sekarang ini biasanya lebih banyak kekurangan vitamin B3 secara ringan dengan indikasi seperti kelelahan, hingga depresi.
B3 juga dapat mencegah resiko terkena jantung koroner, uban dan kerontokan rambut, meningkatkan desire atau fungsi sexual, mengurangi kolesterol, Mengobati Radang Sendi, Diabetes, dan Jerawat. Vitamin b3 juga sangat berperan Penting Dalam Metabolisme Karbohidrat. Tanpa karbohidrat, tubuh akan terasa tidak bertenaga (mager = Malas gerak).


Vitamin B4 (Choline)
CHOLINE merupakan zat gizi esensial yang sering disebut vitamin B4. Zat gizi ini, menurut laporan Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, telah menjadi bagian dalam kebutuhan makanan untuk kesehatan karena berhubungan dengan memori, fungsi jantung, hati, dan perkembangan otak. Choline merupakan bahan dasar fosfolipid esensial membran sel, termasuk sel otak. Di sini choline berperan sebagai penyampai sinyal dari luar ke dalam sel. Zat gizi ini dapat meningkatkan actylcholine neurotransmitter yang membantu perkembangan otak.
Choline juga penting untuk mengatur metabolisme lemak, pembentukan kolesterol dalam tubuh, mengatur kerja ginjal, hati dan empedu. Zat ini amat penting bagi ibu hamil karena memegang peranan dalam pertumbuhan janin, perbaikan memori, dan pertumbuhan organ tubuh. Bagi olahragawan, zat gizi ini baik untuk meningkatkan daya tahan maupun mengurangi rasa lelah. Vitamin ini juga bermanfaat untuk fungsi memori dan kesadaran, terutama pada pasien Alzheimer. Penyakit jantung dan hati juga bisa dihindari dengan rajin mengonsumsi makanan yang mengandung choline.
Sedangkan kekurangan/defisiensi choline dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, arterosklerosis, sirosis, dan penimbunan lemak dalam hati. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, infertilitas, pertumbuhan tulang tidak normal, terganggunya memori, neurologik, jantung dan kandung empedu.


Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
Vitamin B kompleks selanjutnya adalah vitamin B5 atau asam pantotenat. Vitamin B5 ditemukan pertama kali di tahun 1933 yang merupakan vitamin larut dalam air. Kekurangan asam pantotenat ini mengakibatkan kekejangan (seperti tremor/bergetar) pada bagian tubuh.
Depresi bisa terjadi akibat kekurangan vitamin B5. Saat tubuh tidak mampu memproduksi sel darah merah dengan semestinya, maka otak pun akan kekurangan masukan sel darah merah yang banyak membawa nutrisi. Vitamin B5 membantu meningkatkan produksi sel darah yang dibutuhkan untuk otak. Saat depresi, otak tidak bekerja semestinya. Depresi pun akhirnya malah membawa dampak buruk bagi seseorang karena akan berkembang menjadi gangguan mental. Untuk itu segerakan konsumsi vitamin B5 agar depresi bisa dicegah.


Vitamin B6 (Piridoksin)
Vitamin B kompleks selanjutnya adalah piridoksin atau vitamin B6. Peran penting vitamin B6 adalah berfungsi dalam metabolisme asam amino dan metabolisme sistem imun pada tubuh. Saat asam amino dan sistem imun tubuh terjaga dengan baik, maka tubuh pun akan menjadi sehat. Jika tubuh kekurangan vitamin B6, maka tubuh akan mengalami gangguan saraf, kolesterol, dan batu ginjal.
Gejala awal saat seseorang kekurangan vitamin B6 adalah kualitas kesehatan mulut menurun. Ditandai dengan adanya luka di sudut bibir. Kemudian gejala lidah dan gusi yang luka tidak seperti biasanya. Tanda ini mirip dengan sariawan namun tidak kekurangan vitamin C. Gejala awal lain adalah tubuh mudah menjadi lelah. Karena metabolisme yang seharusnya terjadi tidak terjadi dengan maksimal sehingga tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas. Gejala lainnya seseorang menjadi mudah tersinggung, bahkan bisa mengalami kejang dan seperti mati rasa pada salah satu/bagian tubuh.


Vitamin B7 (Biotin)
Vitamin B7 termasuk vitamin B kompleks juga. Vitamin B7 ini lebih dikenal dengan nama vitamin H. Peran pentingvitamin B7 atau biotin ini adalah untuk metabolisme lemak, protein dan juga karbohidrat (sama seperti vitamin B kompleks lainnya). Kekurangan Biotin dapat mengalami masalah pada rambut dan kuku yang rusak.
Biotin untuk para anxiety SANGAT BERGUNA untuk metabolisme tubuh ,  Semakin banyak kinerja biotin pada tubuh, maka tubuh akan semakin aktif.
Begitupun sebaliknya, saat tubuh dipaksa melakukan aktifitas berat, namun hanya sedikit aktifitas biotin untuk metabolisme tubuh. Akibatnya tubuh akan mengalami kelelahan. Walaupun tubuh telah diasup banyak makanan, yang terjadi malah mengantuk. Karena makanan tersebut tidak diolah sempurna menjadi energi di dalam tubuh sehingga kinerja tubuh pun akan menurun.


Vitamin B8 (Inositol)
Dalam proses biologi, inositol berperan dalam tranduksi sinyal-sinyal insulin, menguraikan lemak dan mengurangi kolesterol dalam darah, mengontrol kosentrasi kalsium secara intraselular dan masih banyak lagi peran vitamin B8 ini. INOSITOL dikatakan memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, dan sekarang ini sedang banyak digunakan sebagai pengobatan untuk depresi, serangan panik (panik attack), OCD (obssesive compulsive disorder) dan penyakit mental lainnya , bahkan Alzheimer.
Sebagai CATATAN, Kebayanakn kekurangan inositol ada pada orang yang sering minum kopi atau teh, karena inositol dalam tubuh dapat hilang (atau terganti) dengan CAFEIN (teh dan kopi mengandung kafein) , jadi bagi yang sering minum kopi atau teh, Inositol ini sangat penting untuk anda.


Vitamin B9 (Asam Folat)
Asam folat atau vitamin B9 berperan penting pada saat pembelahan dan pertumbuhan sel. Sehingga asam folat sangat baik bagi ibu hamil dan janinnya.  Karena fungsinya sebagai pembentukan DNA, asam folat pun berperan penting dalam pertumbuhan jaringan tubuh. Ada keterkaitan antara asam folat dengan pembentukan jaringan tubuh yang telah rusak (seperti membantu atas kesembuhan jaringan saraf tulang belakang).
Asam folat juga bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak. Saat otak mengalami gangguan, maka seseorang bisa menjadi depresi atau mengalami gangguan kognitif lainnya. Pada orang lanjut usia, asam folat berperan mencegah terjadinya kepikunan serta penurunan memori ingatan pada otak. Penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi asam folat setidaknya di usia 50 tahunan selama 3 tahun mampu mengimbangi mereka yang berusia 40 tahun dalam masalah ingatan pada sebuah tes di Belanda.


Vitamin B10 - PABA (Para-Aminobenzoic Acid)
Vitamin B10 jarang sekali didengar oleh kebanyakan masyarakat. Vitamin B10 merupakan faktor R yang ditetapkan menjadi asam pteroylmonoglutamic yang mana baik untuk/jika bercampur dengan vitamin B lainnya. Walaupun begitu, PABA bermanfaat bagi tabir surya, dan mengobati penyakit kulit lainnya.
Penggunaan PABA modern ini masih sering digunakan untuk mengobati orang yang depresi, Constipation (sakit perut), headache (pusing), ataupun cepat lelah...


Vitamin B11 (Pteryl-hepta-glutamic acid)
Vitamin b11 jarang tertulis di kemasan vitamin, ini karena Biasanya sudah tergabung dalam asam folat (b9) dan masih turunan dan mempunyai manfaat yang hampir sama dengan vitamin B10 (PABA).
Merupakan salah satu vitamin NEUROPATI bersamaan dengan vitamin B6 dan Vit B12.
Kekurangan vitamin b11 sama seperti gejala anemia, kurangnya nafsu makan, mudah capek, dll.. Vitamin ini diperlukan agar vitamin b12 dan vitamin B lainnya dapat bekerja maksimal dan dapat dicerna lebih baik.


Vitamin B12 (Kobalamin)
Vitamin B12 sangat dikenal sebagai vitamin neuropati (vitamin untuk kesehatan saraf). Vitamin B12 cukup bermanfaat bagi tubuh. Vitamin B12 ini berperan dalam fungsi stabilitas sistem saraf dan otak. Ini SANGAT penting Sebagai nutrisi otak & sistem saraf (Neutropik) guna membantu mengatasi kelelahan serta stres pada fisik dan mental.
Biasa dibilang vitamin happy.. karena orang yang kekurangan vitamin ini, sulit untuk happy (karena vitamin ini dikenal untuk menjaga mood agar tetap positif). Oleh karena itu penggunaan vitamin B12 untuk obat depresi, panik attack dan mood swing sudah sangat sering dianjurkan oleh para dokter.
Vitamin B12 juga mempengaruhi produksi melatonin yang dikenal sebagai 'hormon tidur'.


--------------------------------------------------------------------

Kesimpulan:
Jika ingin mencari vitamin B complex, untuk membantu anxiety, stress atau depresi, carilah yang isinya lengkap.. Hampir semua vitamin memiliki TABEL KANDUNGAN dikemasannya, silahkan dibaca kandungannya, apakah sudah lengkap atau belum.

Untuk anxity dan panick attack , diluar negri sudah marak (silahkan di googling kalo gak percaya) untuk menggunakan vitamin b kompleks -khususnya vit B6, B8, B9 dan B12- untuk membantu meringankan gejala anxietas, dan gejala depresi berat (depresi berat terjadi biasanya disebabkan oleh anxiety, atau frustasi karena anxietynya tidak kunjung sembuh)
Jadi,  kegunaannya untuk anxiety adalah untuk MEMINIMALISIR STRESS yg datang karena anxiety atau rasa frustasi.. dimana para anxiety (apalagi yg baru kena) sering merasa disorientasi, kebingungan, stress tinggi, pikiran butek, dll..
Sangat sulit melawan atau mempelajari anxiety pada posisi seperti ini. Itu makanya dibantu sama vitamin B complex ini.

Jika kamu tidak merasakan stress hebat, masih mampu berpikir positif, tidak mudah capek, pikiran mudah fokus dan gak buntu.. berarti gak perlu vitamin B sampe 50mg yaa...
Atau kalau udah sembuh udah bisa fokus, yaaa gak usah minum tiap hari lagi yaa...

cari aja yg 20-25mg.. biasanya ada di multivitamin..
kalo beli multivitamin, Cari juga yg ada zinc dan magnesiumnya
hampir semua orang yg mempunyai gangguan lambung + anxiety kekurangan kedua zat/mineral itu ...

~erikwibowo
Contoh tabel pada kemasan vitamin :

Komentar

  1. terimakasih info nya sangat membantu mas, oia kalo boleh tau vitamin yang di gambar itu merk apa ya biar mudah beli nya

    BalasHapus
  2. terimakasih info nya sangat membantu mas, oia kalo boleh tau vitamin yang di gambar itu merk apa ya biar mudah beli nya

    BalasHapus
  3. saya menggunakan Neurobion Forte, lumayan ampuh mengusir rasa cemas, coba sendiri deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. neurobion forte BUKAN VITAMIN B COMPLEX karena kandungan vit b-nya tidak lengkap, makanya dia tidak bilang dia vit b complex

      2. isi 200 mg-100mg terlalu banyak untuk diminum setiap hari selama berbulan bulan

      3. saya juga sudah coba sendiri, jadi hanya membantu sementara... kecuali diminum setiap hari , dan akan pusing jika lebih dari semingguan.. (silahkan dicoba kalo gak percaya)..

      Hapus
    2. Tapi obat i i bisa menyembuhkan anxiety secara total ga sih mas?

      Hapus
  4. terimakasih infonya mas, saya terkena anxiety sudah 4 bulan dan berobat ke psikiater sudah 3 bulan kurang lebih. keluhan lambung saya sudah membaik tetapi saya kurang bisa fokus lama contohnya untuk membaca lama dan membalas chat di HP saya suka kesal alias gak bisa lama.
    apakah saya perlu meminum vitamin B Complex ini ? mohon pencerahannya dan merk vitaminnya apa ?
    terimakasih

    BalasHapus
  5. mas erik kalau saya sedang minum frixitas dan clobazam dari psikiater apa saya tidak apa apa minum vitamin b complex mas ?,

    BalasHapus
  6. Mohon infonya mas erik rekomendasi merk vitamin b kompleksnya ya. Thx

    BalasHapus
  7. Mohon infonya mas erik rekomendasi merk vitamin b kompleksnya ya. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak... beli di guardiian atau century, dari merk wellness sampai nutrimax juga ada, isinya sama semua (vit B lengkap)

      Hapus
  8. ini cocok2 an ya mas .. wellnes itu asam folat nya ada jua apa gak mas

    BalasHapus
  9. Mas erik, saya minum wellness pinggang saya malah sakit. Sementara saya jg ada minum obat rutin soalnya. Ada masukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, trims tips2 di bukunya, lebih ringan menghadapi hidup.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3