Langsung ke konten utama

12 HAL yg dapat MENIMBULKAN ANXIETY (yang tidak kamu sadari)

# 12 HAL YANG kamu TIDAK SADARI yg dapat MENIMBULKAN SERANGAN ANXIETY dan PANIK 
.

1. KURANG TIDUR
Kurang ini artinya badan kamu kurang istirahat atau tidur kurang dari 7-8 jam perhari. Orang yang sering cemas dia akan SELALU WASPADA. Anggep aja seperti kamu sedang berada di tengah tengah medan perang. dimana ada sniper yg bisa nembak kamu setiap saat.
.
Nah, Tubuh yang selalu waspada ini, artinya :
semua otot tubuh, semua saraf, aliran darah, kelenjar tubuh, daya fokus otak, ini di BOOST agar bekerja 2x lipat lebih kuat dan cepat dari biasanya.
.
Jelas, ini membuat tubuh anda jadi cepat jadi lelah, dan juga membutuhkan asupan makanan, nutrisi, vitamin yang lebih banyak lagi (untuk mengakomodir kebutuhan level waspada setinggi dan berjam jam itu).
Namun ada satu vitamin yang anda tidak bisa beli, yaitu kebutuhan vitamin TIDUR.
.
Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih sensi, mudah emosi, mudah kaget, dan dapat mengganggu kestabilan tubuh.
Jika kestabilan tubuh kamu terganggu maka kamu akan berpikir:
"wah tubuh saya kenapa nih, kok kaya gini?"
dan anxiety pun akan kumat lagi.
.



2. TELAT MAKAN 
Ya, ini sudah saya ingatkan berkali kali sampe saya capek. hampir 90% kumatnya anxiety karena telat makan. tapi kamu aja yg gak sadar.
Seperti dijelaskan diatas , keadaan waspada yg tinggi membutuhkan bahan bakar yang tinggi pula.
jadi ya kamu harus makan paling tidak SETIAP 4 jam sekali.. (* jika anxiety masih tinggi)
nanti pelan pelan bisa digeser ke 5 jam sekali, dan lama lama ke 6 jam sekali (dan kembali seperti layaknya orang normal)
.
Belum lagi fakta yang menyebutkan:
jika kamu cemas (anxiety atau waspada) maka kelenjar asam lambung akan menyemprot dan membanjiri lambung.
ini gpp, selama ada makanan di lambung.
Jika tidak ada makanan di lambung, maka asam lambung akan berkumpul terlalu banyak dan menimbulkan gas lambung, ini yang membuat jantung dan paru2 kamu terasa terhimpit..
jadi sesek nafas, keringat dingin, kepala enteng, jantung berdebar aneh, dan sebagainya...
.
Dan yang paling penting.. anxiety yg kumat DISAAT PERUT KOSONG itu psikosomatisnya akan terasa 80% lebih parah..
.

3. MAKAN BUBUR (atau makanan yg mudah dicerna) 
Begini, asam lambung kamu di pagi hari  itu sudah menumpuk (karena kamu tidur selama 8 jam).. sedangkan bubur itu adalah makanan yang SANGAT MUDAH DICERNA.
Asam lambung memang tugasnya untuk membuat makanan yg masuk  menjadi seperti bubur, (ini agar jadi mudah dicerna masuk kedalam usus).
Nah, Jika orang normal mampu mencerna bubur dalam waktu 3 jam, maka kamu yg anxiety (dgn asam lambung tinggi) kamu mampu mencerna bubur hanya dalam hitungan waktu 1 - 2 jam saja.
Setelah itu perut langsung kosong lagi, dan asam lambung ngumbul lagi, dan anxiety akan kumat lagi..
.
Jadi jika kamu masih suka makan bubur, ya ini gpp,
tapi 2 jam kemudian kamu HARUS makan lagi. ini agar perut kamu tidak kosong. Jadi bukan 4 jam yah, tapi 2 jam.
.
Begitu juga dengan makan nasi/daging..
- Pada orang normal, (dengan kandungan asam lambung yg normal) mampu mencerna makan siang dalam waktu 4-5 jam..
dan mulai terasa lapar setelah 1 jam kemudian. ini membuat mereka kuat untuk makan siang jam 12 dan makan malam jam 7 (ini selang 6-7 jam)
.
- Pada orang anxie, dgn asam lambung yg tinggi, makan siang bisa dicerna hanya dalam waktu 2-4 jam saja, setelah itu asam lambung kembali tinggi..  itu makanya beberapa penderita anxie mengeluh akan kumatnya anxie setiap sore hari..
iya itu karena kamu makan siang jam 12, jadi jam 4-5 sore kamu harus makan lagi, kalau tidak, maka jam 4 - 6 sore, anxiety bisa kumat.
.

4. OBAT-OBATAN DOKTER, atau obat alternatif/jamu/diet
Beberapa obat membuat rasa tidak nyaman di perut.. ini sebetulnya normal (memang obatnya yg menimbulkan efek seperti itu) jadi bagi dokter itu adalah hal yang BIASA.
Namun bagi orang anxie, sedikiiiit saja perubahan di dalam tubuh ini menjadi suatu hal yg luar biasa.
Belum lagi ditambah pikiran kamu yang langsung mikir bahwa ini adalah tanda bahaya, penyakit buruk, dan kamu mulai ngebayangin hal buruk akan segera terjadi pada anda.
.
Solusi :
Disini kamu harus pintar dalam memilih obat yg masuk ke tubuh kamu, baca dulu apa efek samping dari obat tersebut... Jika tertera ada rasa mual, maka itu jadi pilihan kamu apakah mau diminum atau tidak..
ya, ini memang tidak berbahaya , namun ini dapat membuat kamu berpikir yg tidak tidak.
.
Banyak obat batuk, obat pusing, vitamin c, obat diet (ini yg paling parah) bisa menimbulkan efek mual. Jadi biasakan baca dulu keterangannya sebelum konsumsi.
at least kamu jadi tahu, bahwa penyebab anxie kumat adalah dari obat yg kamu minum, bukan dari hal hal buruk dipikiran kamu.
.
notes: Untuk obat alternatif atau jamu, saya pribadi gak minum, karena tidak ada keterangan yang jelas pada kemasannya.
.

5. DIABETES 
Bukan diabetesnya yang menimbulkan rasa tidak nyaman di lambung, tapi obatnya. Obat diabetes seperti METFORMIN akan sangat menggangu dan banyak sekali orang yang merasa mual karena obat ini.
Jika ini terjadi, hubungi dokter anda untuk mengganti obat tersebut.
.
Obat yg bekerja seperti metformin (yg berfungsi ) untuk menurunkan kadar gula darah, juga sering ditemukan pada obat diet atau pelangsing tubuh.
.
Solusi : ganti metformin dengan obat lain yg tidak menimbulkan mual. seperti acarbose. dan hindari pemakaian obat diet atau obat pelangsing tubuh.
.

6. MINUMAN BOTOL, KALENG 
Minuman ini mulai banyak merk dan jenisnya di supermarket, mulai dari jenis kopi, nescafe botol, minuman soda, teh botol , teh pucuk, buah, susu, kratingdaeng, istonik drink, dan minuman siap saji enak lainnya..
Ini beberapa ada yang menimbulkan mual ditubuh, ada juga yg tidak..

Solusinya adalah dengan mencobanya satu persatu. Jika anda  kumat, segera ingat atau Catat merknya dan jangan mengkonsumsi merk itu lagi.
.
Alasan nya kenapa?
saya kurang tau, mungkin karena memakai gula, atau cream, atau bahan pengawet, atau campuran pemanis atau kimia lainnya.
.

7. CUACA PANAS & PERGANTIAN CUACA
Banyak yg gak sadar kalau cuaca mempengaruhi level anxietas anda. Kalo kamu kepanasan, tubuh kamu lengket, sumuk, sumpek, dan lagi lagi : keadaan tubuh yg tidak nyaman dapat mempengaruhi anxietas kamu.
Biasanya diawali dengan keliyengan atau rasa aneh, atau rasa mau pingsan (light headed)
.
Mungkin gara gara siang hari yang panas, matahari, atau bisa juga karena suhu ruangan yang panas (seperti didalam warteg pada saat penuh sesak) itu ngebuat kamu sumuk.
Jalan keluarnya mudah, segeralah keluar dari ruangan itu, atau pergi ngadem ketempat ber-AC..  sebentaaar saja juga sudah normal lagi..
.
Beda dengan pergantian cuaca,
seperti pada sore hari, tengah malam, tengah hari, atau shubuh. Biasanya hal ini disebabkan karena tubuh kamu yg kurang fit dalam merespon perubahan cuaca tersebut. Biasanya ini disebabkan karena kekurangan vitamin/mineral dalam tubuh, (atau karena kecapean karena udah semingguan lebih waspada terus dan KURANG MAKAN karena tidak mood).
.

8. ANGIN 
Angin ini biasanya banyak dijumpai oleh pengendara motor , atau orang yg duduk didepan jendela bis.. dada yg tertepa angin terus menerus dapat menimbulkan serangan lambung.. serangan lambung itu kalo kata orang kampung adalah "masuk angin."
.
Solusi :
makan dulu sebelum naek motor (jika jarak yg ditempuh jauh)
pakai jaket yang melindungi dada.
usahakan mingkem, jangan mangap (hehehe).
hindari, sekali lagi saya tekankan untuk HINDARI ANGIN MALAM diatas jam 10 malam.. itu sangat buruk untuk kesehatan.
.

9. BERGADANG 
Bergadang yaitu (masih melek diatas jam 12 malam) ini akan membuat kamu lapar kembali, sehingga banyak juga yg gerdnya kumat pada saat akan tidur.
ya itu karena sudah 4 jam kamu belum makan.
ingat: sebagian besar penderita GERD tidak dapat merasakan rasa lapar.
tiba tiba langsung keliyengan aja (ini tanda sudah telat makan)
.
Selain itu, bergadang juga pastiiii menyebabkan POLA MAKAN kamu jadi berantakan. kamu jadi telat jam sarapan, telat jam makan siang, dan telat jam makan malam.
Belum lagi kamu akan kehilangan momen yg baik untuk kesehatan (menjemur) tubuh kamu, yaitu : matahari pagi. (ini sumber vitamin D gratisss)
.
Orang yang biasa bergadang, biasanya sering kumat anxietynya di sore hari. Mereka juga takut keluar di siang hari, namun berani keluar di malam hari.

Solusi :
Usahakan tidur sebelum jam 11 - 12 malam..
bisa tidur atau tidak gpp, yang penting sudah masuk kamar dan nyang paling penting adalah MEMATIKAN HP DAN GADGET ANDA..
kalo memang harus bergadang, itu berati kamu harus makan jam 12 malam.. Bergadang dengan keadaan perut kosong sangat tidak dianjurkan.
Dan usahakan bergadang di ruangan tertutup, jangan diluar rumah, atau diruangan terbuka. (baca masalah bahaya angin malam diatas).
.

10. SILINDER 
Ini khusus untuk yang sering keliyengan. Mata yg mempunyai silinder, akan menimbulkan keliyengan di kepala. ini karena silindernya itu,
apalagi jika silindernya sudah melebihi 1, ini bisa menjadi sangat keliyengan jika melihat jauh, atau melihat pola2 dilantai atau tembok.
Solusi : cek ke dokter mata atau ditempat penjual kacamata (ini gratis).
kalo benar ada silinder ya (maap) kamu harus pakai kacamata.
.

11. MEDIA MASA, TV, SOSMED dan TEMAN 
Sering kamu gak sadar, bahwa km pernah baca (atau dengar dari teman, iklan obat di tv ,atau dapet forwardan message di sosmed) tentang suatu hal.
misal :
- (baca di web) tanda tanda kematian (ini sebetulnya adalah hoax)
- (dr. Oz) salah satu ciri ciri penyakit jantung adalah sakit didada
- (gosip tetangga) bapak itu yg meninggal abis makan daging sapi
- dll

Jika iya, hal itu akan terekam di alam bawah sadar kamu. jadi jika suatu saat kamu (misal) :
- saat kamu tidak sengaja meraba langit mulut, dan kamu otomatis akan teringat ke sebuah artikel tanda kematian
- saat dada kamu sakit, kamu jadi teringat dr.Oz bilang bahwa itu adalah jantung (padahal itu gara2 salah posisi duduk atau masuk angin)
- dan saat kamu tiba tiba keliyengan dijalan, kamu jadi ingat "addduh, astaga gw abis maakan daging sapi iniiih... aduh gmn yaaa.. "

.

12. MAKANAN YANG DILARANG 
Hampir semua orang tau, bahwa penderita sakit lambung dilarang makan makanan yg pedas, berlemak, dan asam..
padahal masih banyak lagi yg gak boleh dimakan.
jadi kamu harus tau itu semua..
.
dan tiap orang perutnya beda beda..
saya sendiri gak kumat kalo minum kopi, soda, sambel, atau asam.. tapi kalo kena susu, coklat , apalagi kacang, nah itu langsung kumat..
.
Nah jadi kamu harus mempelajari itu sendiri...
Makanan apa yg kamu kuat, dan makanan apa yg kamu tidak kuat?
mempelajari ini dapat membuat kamu menjadi SADAR apa makanan yg membuat kamu kumat.
Bisa dibilang ini 75% hal yg membuat anxiety kamu kumat.

Solusi : coba makan saja semuanya, kalo kumat tinggal diingat tadi abis makan apa? lalu catat, dan besok dihindari makanan itu.
Untuk list makanan apa yg dihindari bisa lihat disini:
http://erikwibowo.blogspot.co.id/2014/04/obat-terbaik-buat-semua-penderita-sakit.html

.

Jika kamu sadar apa penyebab kumatnya, maka kamu tidak akan panik.
~erikwibowo

Komentar

  1. Ngebantu bgt kak, thanks bgt udh semingguan anxiety sungguh tersiksa akhirnya dpt pencerahan jugaaaa👍👍👍

    BalasHapus
  2. Ngebantu bgt kak, thanks bgt udh semingguan anxiety sungguh tersiksa akhirnya dpt pencerahan jugaaaa👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang sudah bisa membantu :)

      Hapus
    2. Saya kumat anxiety ketika sedang tidur,sekitar jam 3pagi ,apakah itu wajar?

      Hapus
  3. Alhamdulillah makasih banyak atas info nya. Udah 3 bulan sy kena panic disorder. Apa tanpa hipnoterapi juga bisa sembuh?

    BalasHapus
  4. Apa saya bisa minta kontak bbm/line

    BalasHapus
  5. Mas Erik saya udah bertahun tahun .penderita panik attack,dikarenakan asam lambung sy suka naek/gerd,n sy jg takut mati,malah sering sy ky merasakan mau mati badan udah g karuan rasanya seharian g bisa tidur nyenyak kepala ky mau pingsan gt pkknya nyiksa banget,m o ngapain jg g semangat,trus jg yg jadi penyebab nya itu siklus tidur sy udh ky kalong,klo tidur jm 8 pagi baru bsa tdr,mohon solusinya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama persis ini dgn sy...
      mlh sy yg tdk tahu hal ini lbh parah lg...sdh minta maaf sm tmn2, sdr, ibu...byr utang semua smp gk bs jualan krn gk uang beli brg... 😭😭

      Hapus
  6. Kalau Saya Masalah nya yang di nomor 11...
    Udah 2 tahun Nggak mau ilang ilang...
    Dan Yang Ini Juga .. Hahaha..
    "Orang yang biasa bergadang, biasanya sering kumat anxietynya di sore hari. Mereka juga takut keluar di siang hari, namun berani keluar di malam hari"

    Tapi Dibawa Happy Aja ..
    Kalau Anxiety nya Kambuh saya cubit saja bagian tangan saya agar Agar pikiran Anxiety Tadi Teralihkan dengan Rasa sakit Diitangan saya..!!

    BalasHapus
  7. Bermanfaat sekali,baca artikel ini aja saya bisa tersenyum2 sendiri....jadi merasa terhibur dan makin paham apa yang sedang saya alami......

    BalasHapus
  8. Terima kasih.. Saya jadi lebih bisa memahami sakit saya..

    BalasHapus
  9. Saya boleh minta wa nya mas erik... Saya mau konsultasi.. Saya juga sudah 6 bln sakit anxiety..

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Keren mas, sangat membantu. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan mas eric krn mau berbagi ilmun dgn org lain

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3