Langsung ke konten utama

Pasal 7 : Anxiety VS Depresi

Pasal 7 : Anxiety VS Depresi
Tips dan info
.

Depresi adalah gangguan mental yg biasanya ngikut setelah anxiety. Ini sangat memperburuk keadaan kamu. Kamu bisa jadi cepat tersinggung, marah marah, atau adanya pemikiran buruk saat melihat benda tajam atau tumpul.
.
Penyebabnya biasanya karena anxiety yg tak kunjung sembuh, atau si dia yg gak pernah mengerti keadaan kamu, atau beberapa kerjaan atau janji yg terbengkalai, dan lain lainnya.

.

Cara agar tdk depresi adalah dengan mawas diri. Kenapa? Karena sebelum depresi datang, kanu tanpa sengaja SUDAH MENGIKUTI PEMIKIRAN KAMU yg awalnya sudah negatif.. dan jika diikuti terus maka akan tambah negatif lagi.
Begini :
Anggap saja kamu sedang naik mobil/motor, lalu kamu ketemu pertigaan.
Jalan lurus adalah mengikuti tujuan kamu hari ini.
Belok kiri adalah depresi, pemikiran negatif.
Belok kanan adalah happy, kebahagiaan.
.

JALAN LURUS
Jalan lurus adalah tujuan kamu. Bisa jadi tujuan hidup kamu, cita cita, angan angan, mikirin nanti malem mau kemana, hari ini mau ngapain, kerjaan udah sampe mana, dll.
.
Sama kaya naik mobil. Jika kamu ngebut jalan lurus maka kamu gak akan perhatiin ada pertigaan atau ada belokan kiri yg mengarah pada depresi. Ini yg orang normal lakukan, mereka sibuk mengerjakan kegiatannya, sampai sampai lupa mikir yg buruk buruk.
.
Pikiran buruk biasanya keluar disaat dia bengong atau terhenri. Mulai deh mikir nanti kalo gini bagaimana? Kalo gagal gimana? Kalo saya kumat gimana? Dll...
.

JALAN KIRI (BELOK KIRI)
banyak orang yg terhenti saat jalan lurus dan akhirnya belok kiri (berpikir negatif). Kenapa?
Karena "belok kiri boleh langsung".
Iya kan?
Sangat mudah untuk bengong dan mikirin bagaimana kalau begini, bagaimana kalo begitu...
Nah disaat itulah kamu HARUS SADAR kalo kamu sudah belok kiri.
.
Awalnya memang pemikiran buruk yg sederhana. Tapi kamu terus berada di jalan itu, terus memikirkan bayangan yg buruk itu. Dan akhirnya, semuanya terlihat LEBIH KOMPLEKS.
Pemikiran simple yg (misal) tadinya hanya mikirin anxiety, jadi mikir gimana kalo gak sembuh? Gimana kalo saya jadi gila? Gimana kalo saya gak bisa kawin gara gara ini? Dst....
.
Disaat itulah kamu harus sadar bahwa kamu harus "muter balik".
Caranya?
Sama seperti kamu naik mobil. Berhenti dulu, liat kebelakang, lalu pelan pelan puter balik. Agak susah pada awalnya; tapi bisa jika dibiasakan.
.

JALAN KANAN (BELOK KANAN) 
kembali kepertigaan yang tadi. Sebelum kamu belok kiri, sebetulnya udah ada jalan ke kanan. Tapi sama seperti naik mobil, agak susah untuk belok kanan karena itu melawan jalur arus mobil.
Tapi bisa.
.
Jalan belok kanan adalah jalanan orang yg pikirannya bahagia. Kamu bisa merubah depresi menjadi bahagia. Asal kamu tau rumusnya. Rumusnya adalah :
1. Kebahagiaan itu adalah pilihan.
2. Kebahagiaan itu sudah ada di diri kamu. Tinggal dicari aja.
3. Kebahagiaan itu tidak terikat oleh faktor eksternal.
Contoh :
Kamu dikasih duit sejuta baru bahagia?
Kamu dikasih rumah gratis baru bahagia?
SALAH.
Itu namanya kebahagiaan kamu terikat oleh faktor luar, bukan kamu ciptakan sendiri.
.

Harusnya mau dikasih duit kek atau enggak kamu tetap bahagia. Kenapa?
Karena rumus no.1
.
Jadi belajarlah untuk tetap bahagia. Bahkan jika keadaan kamu sedang buruk sekalipun. Kenapa?
Karena ada rumus nomor 3.
.
Coba diam dulu sebentar, lalu carilah kebahagiaan kamu. Dan ikuti jalannya terus. Carinya dimana?
Baca rumus nomor 2.
.

Jika kebahagiaan kamu tergantung dari faktor eksternal (misal) kalo dikasih duit. 
Maka, depresi, dan mood bt kamu pun juga akan tergantung dari faktor eksternal, (misal) kalo kamu gak dapet duit.
~ erikwibowo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3