Langsung ke konten utama

Anxiety Apakah Bisa Sembuh?

# ARTI KATA ANXIE
edukasi

.
Jangan salah kata yaa..
kalo salah kata kadang jadi salah maksut
- anxiety (dlm bhs inggris) ini artinya = rasa cemas
- beda dengan anxiety disorder, ini kalo arti bhs inggisnya :
(anxiety = rasa cemas, disorder = rusak atau gak berfungsi normal)
.

- anxiety disorder = merupakan nama penyakit gangguan jiwa yang intinya si penderita mengalami rasa kecemasan YANG berlebih lebihan (yang tidak normal),
namun (karena namanya kepanjangan) banyak yang menyingkat nama penyakit ini menjadi nama "ANXIETY" saja, atau "ANXIE"

...
APAKAH BISA SEMBUH?

.

kalau "ANXIETY" : ini gak bisa hilang!! ini sifat dasar manusia, sama seperti rasa sedih, takut, bahagia, semangat, down, dll
itu gak akan bisa hilang, hanya bisa dikontrol,
contoh:
(kalo mudah sedih ya) dikontrol biar gak jadi cengeng
(kalo mudah takut ya) dikontrol biar gak jadi penakut (phobia ini itu)
(kalo mudah bahagia ya) dikontrol juga biar gak dibilang orang gila, ketawa melulu  (euphoria )
(kalo terlalu bersemangat) dikontrol juga biar gak jadi lebay (manic/mania)
(kalo mudah down yaa) dikontrol biar gak jadi pemurung. (depresi)
(kalo mudah cemas yaa) dikontrol bair gak jadi cemasan (anxiety disorder)
.

Anxiety disorder : ini gangguan kejiawaan,
yg namanya penyakit ya pasti bisa sembuh, kalo gak bisa sembuh ngapain diobatin?
.
dibidang psikologi..
itu semua penyakit diatas memiliki nama YUNANI (nama latin-nya), karena memang asal nya psikologi banyak yang ilmunya berasal dari sana.
JIKA jaman dahulu orang bisa sembuh dari penyakit tersebut , (dalam artian bisa kembali bersosialisasi dengan normal,
MAKA jaman sekarang (yang lebih canggih ini + dengan obat2an yang memadai)) harusnya bisa LEBIH MUDAH untuk di sembuhkan..
.

>>>>>>>>>>>
BEDANYA PSIKIATER dengan KAMU
Bedanya kita lebih mengenal perasaan itu secara perasaan saja, sedangkan psikiater itu melihat sebuah perasaan dari adanya unsur/hormon/zat kima di otak yang dilepas.

contoh:
Jika seseorang jatuh cinta :
> menurut kamu : itu ada seperti jutaan rasa yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, rasanya wuiiiihhh bgt deh...
> menurut psikiater : itu terjadi karena adanya ledakan berantai antara beberapa unsur-unsur kimia di otak secara bersamaan.
.
ribet kan?
ya itu karena mereka ilmuwan.
mereka menilai sebuah perasaan itu di atur dari unsur kimia di otak.

.
contoh lagi:
jika seseorang patah hati, diselingkuhi, dibohongi pacar, dll:
> menurut kamu : itu rasanya sakit hati banget, sedih, sebel, pgn mukul tembok, males makan, gak pd, ada yg sampe ngurung diri di kamar, dll
> cara sembuhnya menurut kamu : cari pacar baru, move on, lupain buka lembaran baru...
.
>>>
> menurut psikiater : itu terjadi karena ada unsur kimia di otak yang tidak seimbang, (zat pengatur depresinya kelebihan) ini yang menyebabkan penderita terkena semacam depresi ringan.
> menurut psikiater :  coba ke psikolog untuk sharing dan akan diajarkan cara self terapi untuk membangkitkan rasa percaya diri lagi, atau melakukan semacam GROUP THERAPHY
jika tidak berhasil, maka akan diberi obat anti-depresi atau penenang untuk menanggulangi rasa depresinya.


>>>>>>>>>>>
BACK TO EARTH
Derasnya arus informasi (via internet) pada jaman sekarang ini menyebabkan seseorang bisa belajar tentang ilmu psikiatri tanpa sekolah psikiatri (hanya dengan membaca google atau tanya sana sini)..
.
ini bisa membuat cara kamu melihat sesuatu jadi berubah..
.
misal:
1. orang cuma sedang patah hati bisa kamu bilang karena adanya ketidak seimbangan zat kimia. (bisa karena zat endorfin terlalu rendah, dll)
2 .orang lagi down berat karena abis dipecat, dan gak dapet2 kerjaan, bisa kamu bilang itu terkena depresi, harus ke psikiater... padahal harusnya dia kamu kasih kerjaan saja itu sudah beres..
ngerti kan maksutnya?
.

Intinya = KEMBALILAH KE BASIC
kamu orang biasa, bukan psikiater....!
Jadi sembuhkan dengan cara orang biasa, jangan melihat dari sisi psikatri, karena ini akan buat kamu jadi bingung..
.
kalo kamu stress (misal) karena putus cinta, yaa lakukan cara yang sederhana, misal : cari cowo baru, cari rutinitas baru, senang2 sama teman, dll
kalo gak kuat , minta tolong ke psikolog
kalo gak kuat juga , baru ke psikiater agar dibantu dengan obat.
.

### Sama dengan penyembuhan anxiety disorder
LANGKAH PERTAMA : 
tetap lakukan dengan normal, seperti latihan bersosialisasi, beranikan diri, olah raga, tidur cukup, jaga makan, dll (teori ini  banyak ada di file grup).
.
kalo blm sembuh, lanjut ke,
LANGKAH KEDUA :
hubungi psikolog, tanya mengenai cara trik SELF HEALING, SELF THERAPHY, atau kalau ridak bisa bisa lakukan group theraphy, eft, dll sembari TETAP melakukan #langkah pertama.
cara2 untuk self healing sudah ada dibuku, tinggal dipraktekan saja.
.
kalo blm sembuh juga, lanjut ke,
LANGKAH TERAKHIR :
pergi ke psikiater, untuk minta support obat. obatnya dimakan RUTIN selama +-setahunan, jangan putus, sambil TETAP melakukan #langkah pertama dan #langkah kedua.
NOTE: jika tidak TETAP melakukan langkah 1 dan 2, ini akan susah sembuh.. karena basicnya itu disitu.. dan semua obat sifatnya hanya support.
.

Dijamin sembuh..

kalo gak percaya, kamu gak akan sembuh.
~erikwibowo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3