Langsung ke konten utama

Mengenal dan menghilangkan panik dan phobia v.1

Metode 1
Mengenal untuk mengkontrol
CARA KERJA OTAK DAN PANIK ATTACK

untuk mengatasi ketakutan anda harus bisa KONTROL ketakutan itu..
untuk kontrol misal (mobil) anda HARUS mengerti cara kerjanya (cara kerja mobil).
 setuju kan?

nah sekarang saya mau coba kasih tau cara kerja otak dan ketakutan di otak kita.
ada 3 bagian departemen:
1. saluran otak (warna kuning) yg ngontrol fisik (perusahaan)
 2. otak kecil (warna ungu) yg ngontrol emosi (si BOS)
3. otak besar (warna pink) yg ngontrol Logika (si karyawan)

jadi mulai sekarang, agar penjelasan lebih mudah, saya akan panggil si bos dan pegawai.

 apakah panik attack?
panik itu adalah insting natural kita untuk defensive sistem tubuh kita. jadi jangan diilangin bro.. Anda bisa gak selamat kalo ilangin ini..
contoh:
jika anda ngeliat mobil kebakaran jarak 2 meter didepan anda.
logika bilang ke bos "bos, ini mobil akan meledak"
lalu si bos bilang ke fisik "ayo cabuuuuut"
si fisik lalu mengirim sinyal ke tubuh anda dgn sebuah rasa /sensasi TAKUT maksutnya biar anda segera kabur dari tempat itu..
setuju kan?

 lalu apa yg terjadi jika anda memilih untuk tetap diam di tempat tersebut?
ya.. badan bergetar, merinding, timbul rasa mual, deg2an kaya semaput dan itulah yg disebut panik attack

btw:
saya sudah menghitung, panik attack hanya berlangsung selama 20 menit.
menit 1 rasa gak nyaman.
menit 10 puncaknya panik attack
menit 20 perasaan jadi reda kembali..

anyway (sambung lagi)
otak mempunyai memori, si bos layaknya direktur sebuah perusahaan, tugasnya hanya untuk menyelamatkan perusahaan dari kehancuran.
jadi jika saat anda kecil anda pernah di gigit anjing,
si otak (si bos) akan merekam hal tsb, dan menganggap anjing adalah suatu binatang yg membahayakan diri anda. naaah.. disinilah letak awal phobia
mulai dari situ anda akan selamanya takut sama anjing
iya kaaann??

oke.
jadi bagi yg pernah gerd atau yg pernah mengalami perasaan mau mati, malu total, sedih total, tabrakan parah, diputusin pacar yg sakit.. si memori (si bos) akan merekam hal tersebut, dan mengirim sinyal ke logika dan tubuh untuk menjauhi hal2 tersebut.

 sampe sini, pada setuju kan?
udah ngerti kan yah?
 oke kita lanjut lagi..

anggap saja cara ke 3 bagian otak anda adalah sebuah perusahaan,
Yg perlu dilakukan untuk mengontrol ketakutan Anda adalah dengan MENGUATKAN fungsi karyawan (LOGIKA) anda, untuk mempengaruhi si BOS yg lagi reseh itu..
istilahnya kita bilang baik2 ke dia..
"oke bos, mungkin dulu lo beli mobil pernah di bohongin calo dan kita rugi milyaran.."
"tapi kali ini, nggak kok bos, calo yg ini kayanya jujur.."
"tenang deh lo gak kan di bohongin lagi.."
"kalo gini terus, kapan perusahaan punya mobil Bos?"
dst dst dst...

 nah untuk menguatkan fungsi logika itu makanya saya anjurkan untuk meminum vitamin B-Complex selama sebulan setiap hari.
terserah mau beli merk apa, mau beli dimana..
vitamin b ini memperkuat fungsi otak logika, menenagkan stress, dll

jika anda meminum xanax atau niprazolam atau obat anti depresant lainnya, anda sama saja membiarkan penyusup masuk ke kantor anda, dan penyusup itu dateng ke ruangan BOS, sambil ngeluarin pistol, dan bilang: "BOSS, lo diem aja sekarang..! jangan berisik..! tidur saja sana.."
:)
alhasil saat kita minum anti depresant itu si boss kerjanya tidur doang..
dan mungkin saat kita tidur dan ternyata rumah kebakaran, kita gak ada rasa takut..
ya kita lari aja keluar rumah biasa aja gitu kaya gak ada apa2 (padahal tetangga udah pada panik) tapi kita-nya biasa aja.. aneh gak sih?
kaya orang mabok obat gak sih?
yg terparah adalah, kita ngerasa diri kita aneh (karena di pengaruhi obat) dan otak akan rekam lagi bahwa obat ini adalah simbol bahaya, dan akhirnya panik lagi.

ok back to kesimpulan:
jadi tinggal gimana cara kita (logika kita) presentasi ke si bos bahwa everything is OKAY
saya ulangi
jadi tinggal gimana cara kita (logika kita) presentasi ke si bos bahwa everything is OKAY

caranya gimana?
yaa presentasi biasa aja..
pake kertas dan bulpen, kita terangin ke bos (otak kita), kalo semua baik2 saja, anda tidak perlu khawatir.. and everything will under control..
silahkan di coba..

 untuk yg mau tanya2,
bisa message saya.

 thanks
ditulis oleh: erikwibowo 
erikwibowo@yahoo.co.id
facebook.com/erikwibowoartworks

Komentar

  1. thanx byk2. nice blog. sangat membantu saya

    BalasHapus
  2. Tolong tambah lagi bang.. Saya suka blog ini

    BalasHapus
  3. Sy cukup lega n nyaman baca blog ini, kmrin sy bru ngerasaiin mau mati, after i read artikel yg berhubungan dg kecemasan yg berlebihan, mendingan, semua keringet dingin dan perasaab mau mati ilang, tapi jatuhnya sy gak tdr smpe pagi.. ilove this article..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa cara menghilangkan rasa takut mati di blog ini.. di search aja

      Hapus
  4. Udh 3 bulanan sering ngrasain pns dngn, gmetar, dsb, aplgi klo asm lmbung naik jd cpt lapar, dan yg pling mnyiksa ktmbahan tkut mati mlh bkin tmbh g karuan.
    Maturnuwun saestu ms, artikelnya sy simpen buat pengingat. Yg plig sy suka artikel yg ada joget mchael jcksonnya..he2..

    BalasHapus
  5. Om.. Nenangin pikiran takut naik pesawat gimana caranya ya om? Pdhl dlu happy2 ajj naik pesawat kesana kemari tp sejak tiba2 nyeri dimuka sma kepala pas naik pesawat ke balikpapan skrg jd takut naik pesawat. Sdh 5 kali terbang stlh kejadian nyeri itu dan ke5nya saya lalui penerbangan dg jantung berdebar kencang, kringat dingin, rasa pengen buka pintu pesawat dan lari kluar :'( .. Skrg sdh 3 bulan g brani kemana2 pdhl kepengen ketemu org tua om :( .. Sediih tp bayangin naik pesawat udah bikin badan panas & kepala kliyengan.
    Sekedar info 4 bulan ini saya sakit gerd om.. Dan sempat opname. Anxiety ttg kematian dan kesakitan sedikit2 bs saya hilangkan.. Tp mslh pesawat saya blm bs

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3