Langsung ke konten utama

Cara menghilangkan rasa takut mati

# Kenapa saya takut mati (end) ? #

saya sudah memikirkan cara kerja "rasa takut" sewaktu saya blm berani keluar rumah. hasil pemikiran adalah SAYA TAKUT KARENA SAYA TIDAK TAHU. 
semua anak kecil takut kegelapan, betul?
kenapa?
karena di dalam gelap kita tdk bisa melihat? kita TIDAK TAHU apa yg ada di dalam kegelapan itu. iya kan? 
jadi kalo kita tahu apa yg ada disana, apakah kita tetap takut?
jawabnya tentu : Tidak.
Sendirian, di kamar sendiri dalam gelap, lebih tidak menakutkan dibanding sendirian di kantor/bangsal sekolah dalam kegelapan.. iya kan?

jika anda pergi ke rumah berhantu, dan disana lampu terang benderang semuanya nyala. apakah anda tetap takut?
yah, mungkin anda tidak takut akan tempat tsb>
tapi anda takut terhadap hantu di rumah itu..
anda mulai membayangkan nanti lampunya mati sendiri...
pintu nya kekunci sendiri
ada penampakan walaupun dalam terang
kesurupan
bunyi ketawa, dll (seperti di film horror) 
iya kan?

lalu kenapa para ghostbuster dan dukun tidak takut terhadap hantu?
ya karena mereka sudah terbiasa melihat hantu, mereka sudah tahu hantu itu bisa apa, mereka sudah biasa menghadapai hantu-hantu tersebut.
setuju?

lalu kenapa banyak orang yang takut mati (end) ?
ya karena kita tidak tahu apa yg akan terjadi setelah end.

gimana?
sudah terjawab kan? 

setelah anda membaca artikel ini, apakah anda masih tetap takut end?
"ya masih laaah mas..."
oke, jika begitu.. rubah kata2 "kenapa saya takut mati?"
menjadi "bagaimana caranya agar saya tidak takut mati?"

putar terus di kepala anda kata2 :
"bagaimana caranya agar saya tidak takut mati?"
"bagaimana caranya agar saya tidak takut mati?"
"bagaimana caranya agar saya tidak takut mati?"
"bagaimana caranya agar saya tidak takut mati?"

nantinya akan otomatis, 
jika hati anda teriak :
"aduh rasanya saya mau end nih"
otak anda akan otomatis bicara dgn hati anda :
"bagaimana caranya agar saya tidak end?"
dan hati akan anda akan diam, 
pikiran bekerja, 
rasa takut hilang.
logika anda menang.

Komentar

  1. perasaan ini yg selalu menghantui saya setiap mau tdr,sering mengatur napas perasaan seakan-akan napas mau berhenti apakah saya bisa disembuhkan lg mas erik

    BalasHapus
  2. bisa saya juga dulu gitu.. cara2nya ada di blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumpah blog ini bener2 bermanfaat.. makasih banyak mas erik. kepanikan sya jadi berkurang

      Hapus
    2. sumpah blog ini bener2 bermanfaat.. makasih banyak mas erik. kepanikan sya jadi berkurang

      Hapus
  3. makasih mas erik
    blog nya membantu

    dan saya mau tanya brapa lama panik ini bisa sembuh
    saya udah ada 3 minggu

    BalasHapus
  4. Makasih banyak, tips ini cukup membantu. Bahkan sangat membantu, Terima Kasih!

    BalasHapus
  5. mas erik ? kok saya selalu merasa sebentar lagi akan mati , Awalnya saya pergi ngelayat tetangga meninggal , difikiran saya gimana rasanya kalau aku yang dikuburkan itu , Nah sampe sekarang saya merasa sebentar lagi akan mati . apakah ini yg dinamakan anxiety mas? tolong penjelasannya . terimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di blog ini , mengenai itu..
      baca aja buku saya tuh linknya adakan?
      http://erikwibowo.blogspot.co.id/search/label/%40%20BUKU%20ANXIETY%20erikwibowo

      Hapus
  6. Halo mas erik, saya dulu sering terkena paranoid penyebabnya karna saya takut akan mati, dan sekarang rasa takut itu mulai menghilang walau sedikitnya tetap ada. Karna saya juga di bantu dengan obat obatan. Sebenarnya sekarang yg saya takutkan dari kematian adalah rasa sakit yang teramat sangat ketika akan atau menjelang mati. Apa yg saya pikirkan atau saya lakukan untuk menghilangkan perasaan itu mas erik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya udah saya tulis diatas?
      ada cara yg lebih ampuh yaitu siapkan diri untuk mati dan pasrahin nyawa kamu ke allah..
      tenang gak akan mati kok, tapi rasa takut mati kamu akan hilang, karena begitu dipasrahkan kamu sudah tidak takut apa apa lagi...

      Narapidana yg kena hukuman mati.
      yang bikin takut mereka BUKAN saat eksekusi hukuman matinya.. (itu mah cuma 5 menit)
      yang bikin takut adalah MENUNGGU saat eksekusi itu sendiri..

      jadi kamu jangan nuggu,
      buruan pasrahin aaja

      Hapus
  7. halo mas erik, saya dulunya sehat wal afiat namun stelah beberapa kejadian saya merasa ada perubahan pada diri saya yaitu,timbul feel bahwa ada sesuatu yg membebani otak saya, timbul perasaan takut mati seolah jantung saya melemah dan tiba² berhenti berdetak, padahal jantung tetap berdetak. biasanya disertai sesak nafas ringan dan ada ketakutan untuk tidur, pada saat itu karena saya muslim kerabat saya menyarankan untuk baca yasin lalu saya baca surat tersebut lalu hati saya tenang dan akhirnya berani untuk tidur. dikemudian hari perasaan itu tidak muncul lagi (mudah²an gak ada lagi) tapi yg tersisa adalah rasa kaget yg berlebihan. ketika malam hari mulai sepi dari suara, tiba² bapak ibu atau adik saya batuk contohnya. suara yg dihasilkan tersebut membuat saya kaget secara signifikan walaupn tak disertai latah. apakah gejala ini termasuk anxiety? dan adakah car penyembuhannya? apaka anxiety juga disertai migrain di kepala, syaraf dibagian tubuh yg bergetar (bisa kaki/tangan), tubuh terutama dengkul terasa lemas untuk berjalan, perasaan badan terasa limbung mau jatuh mas erik? terimakasih.

    mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. chest pain, atau sakit pada bagian dada biasa disebabkan oleh maag, atau GERD, atau telat makan... bukan selalu jantung.

      anxiety biasanya disertai PSIKOSOMATIS (yaitu gejala yg kamu sebutkan diatas seperti migrain di kepala, syaraf dibagian tubuh yg bergetar (bisa kaki/tangan), tubuh terutama dengkul terasa lemas untuk berjalan, perasaan badan terasa limbung mau jatuh

      cari infonya disini :
      http://erikwibowo.blogspot.co.id/search/label/Basic%20Knowledge

      Hapus
  8. Minggu depan ada acara liburan kluarga. To takut untuk ikut takut anxiety kambuh takut mati juga jadi apa yg harus saya lakukan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu pergi, kamu ada kemungkinan 50% berhasil untuk bisa sembuh dari ketakutan mu..

      jika kamu tidak pergi, kamu sudah pasti 100% gagal

      Hapus
  9. Kadang saya merasakan rasa itu pula, kalau sudah banyak yang dipikirkan dan ada kejadian orang meninggal itu rasanya takut. Tapi gak setiap mendengar orang meninggal saya takut. Jika sudah timbul rasa itu, sulit banget untk keluar.

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum...saya pun ada problem ni. Bila takut itu datang saya tidak boleh teruskan aktiviti harian saya.saya tak boleh tidur malam. Rasa tak tenang sentiasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. di https://www.facebook.com/groups/anxietasforumID banyak juga beberapa orang malaysia

      Hapus
  11. Mas erik wibowo saya berharap pesan saya dibaca oleh mas, saya sampai saat ini merasa otak saya beban sekali pusing
    Semenjak kejadian ayah saya meninggal dan saya ga sengaja minum kopi 2 botol alhasil saya malaam nya ketakutan resah keringet dingin sampai sekarang bahkan saya ga berani keluar rumah saya ketakutan benar2 takut saya islam dan saya sering berdoa untuk menenangkan diri tapi kadang saya masih ketakutan sampai sekarang saya gelisah sekali mas sebenernya saya lelah saya sempet pasrah dan saya ikut trik2 dari mas erik tetapi tetap saja perasaan ini muncul,kadang bahkan setiap apapun yang saya lakuin malah saya ketakutan mas:")) tolong sarannya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena kamu belum pasrah sepenuhnya..
      belajar pasrah aja..
      kalo sulit sembuh bisa gabung ke komunitas di facebook https://www.facebook.com/groups/anxietasforumID
      atau baca buku saya

      Hapus
  12. Sama..saya mempunyai perasaan seperti ini setelah temen saya meninggal. Lalu saya bca artikel tanda2 kematian al hasil sy senakin kalut. Saya sampai stress.. saya takut untuk bercerita kpd org laun. Takut yg sy ceritakab trnysta mmg benar. Sekain perasaan takut mati. Saya merasa hidup saya tdk lna lagi. Saya stress 😢😢😢😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. di grup komunitas anxiety facebook.. sudah RATUSAN orang yang kena anxiety gara gara baca artikel tersebut.. padahal sudah jelas itu adalah HOAX, karena di alquran disebut, adalah rahasia Tuhan dan tidak seorang pun yg mengetahui hari kematiannya..

      jadi terserah saja, mau percaya sama alquran atau sama google

      Hapus
    2. Iya. Saya juga seperti demikian. Sebenernya ini penyakit atw pobia? Penyakit psikis atw mental? Hampir 2 minggu sya sperti ini dan bingung mau berobat di bagian apa? Gara2 ini saya jdi agak tertutup bahkan untuk cerita ke suami saja saya malu..

      Hapus
  13. mas erik wibowo, sya sdh 6bulan ini d hantui rasa gelisah takut mati, semenjak sya d diagnosa asam lambung. kadang saat malam sya sesak sprti sendawa yg gk bsa keluar k tahan d perut, pada saat itu pikiran sya angin duduk mas. sya memang jauh dr tuhan akhir" ni mas.kalau sya ibadah malah tambah ketakutan sya mas. sya bingung dulu sya taat ibadah gk prnh trfikir takut mati. skrg sakit dikit kepikiran mati, ibu sya jd ikut"an parno sprti sya. bolak balik k dokter&alternatif tp gk ada hasil. apa yg harus sya lakukan mas ?? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang, saya juga dulu kayak gitu.. cara2 saya sembuh kan sudah ada di blog ini, tinggal dibaca aja... kalo bingung atau males nyarinya tinggal beli bukunya aja di tokopedia

      Hapus
  14. Saya terakhir ini kepala saya berdenyut dan berat terus cari di google tanda tanda mati saya takut karena sebagian saya mengalaminya bagaimana caranya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanda tanda mati adalah HOAX, coba dibaca dulu blog ini.. postingan yg terbaru jawabannya sudah ada disana

      Hapus
  15. Saya takut karena saya mimpi tentang sungai dan melangkahinya katanya artinya ajal sudah dekat bagaimana ya cara mengatasinya

    BalasHapus
  16. kata siapa? kalo kata google cuekin aja... kecuali ada di kitabsuci baru boleh dipercayai

    BalasHapus
  17. Gimana ya saya takut setelah melihat firasat tanda kematian katanya melihat matahari sudah biasa atau kesilauan maut segera menjemput apa itu benar lalu katanya kulit kuning ada merah merahnya juga tanda tandanya tolong bagaimana cara mengatasinya saya takut dan tidak ingin apa apa lagi karena katanya maut sudah dekat

    BalasHapus
  18. Gimana ya saya takut setelah melihat firasat tanda kematian katanya melihat matahari sudah biasa atau kesilauan maut segera menjemput apa itu benar lalu katanya kulit kuning ada merah merahnya juga tanda tandanya tolong bagaimana cara mengatasinya saya takut dan tidak ingin apa apa lagi karena katanya maut sudah dekat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kulit mas gitu? Kuning ada merahnya?

      Hapus
  19. Klo sy awal'a mimpi buruk/aneh.
    Yg spt teman" di sni rasakan.
    Smpe sya ketakutan , apalg wktu mendengar berita duka.
    Jd makin takut.

    Bagaimana solusi'a mas Erick?
    Bisa minta no hp'a.

    BalasHapus
  20. Saya mimpi... saya takut sekali.dlm mimpi itu saya dibilang akan end..
    Gara gara mimpi itu pikiran dan hati saya tdk tenang.tolong saya mas erik..

    BalasHapus
  21. Saya mimpi... saya takut sekali.dlm mimpi itu saya dibilang akan end..
    Gara gara mimpi itu pikiran dan hati saya tdk tenang.tolong saya mas erik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun juga gara2 mimpi seperti itu mbak.
      Sekarang bagaimana mbak ? Apa sudah sembuh ?

      Hapus
  22. Ass.. Om erik, perkenalkan nama saya luthfi, umur saya masih 13 tahun. Pertama saya mengalami rasa takut mati tsb ketika saya membaca blog tentang ciri-ciri orang yang akan meninggal, dan salah satu dari ciri tersebut ada yang sama dengan saya, saya sudah mencoba reflex, tapi tidak bisa, jantun menjadi sering berdebar kencang, tolong jawabanya mas erik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa takut itu hilang beberapa hari, tapi rasa takut itu kambuh lagi dan saya jadi banyak melamun dan pikiran saya tiba tiba kosong

      Hapus
  23. sama sprti yg skrng sy alami pikiran sprti mngingat akn mati, klo trpikir pst muncul.seakan-akan aktifitas kurang bergairah,lesu, dan kpl trs skt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga mengalami, kadang sembuh terus kambuh lagi, rasanya kepengen nangis terus takut mau ngapa2in :'( gimna dong kak? Apakah ada solusi nya?

      Hapus
  24. Makasih mas erik, saya juga belum faham pikiran ini bisa muncul, tetapi sampai hari ini sdh sdh +2 tahun persoalan ini hilang dan muncul lg, ketika ada peristiwa kematian yg tidak diduga2, tp komentar mas erik tentang, "percaya alquran / google" sangat membantu, justru karena bnyk rasa takut, penyakit yg lain juga mulai muncul, maag, asam urat, kepala nyut-nyutan bahkan pusing, yg aneh lg selalu kepikiran lokasi kuburan klg, ini apa sih namanya, mhn juga solusinya...

    BalasHapus
  25. Mas, keluhan2 teman yang Komen sama seperti saya alami, tetapi sdh hampir 5 tahun rasa takut mati tdk pernah mau hlg. anehnya jika saya diluar kota fobia itu tdk pernah datang, dan apabila saya dikota saya kok malah kambuh fobianya apalagi hbs minum kopi. izin mas tips atau obat apa yg manjur agar fobia tkt mati ini hilang dan tdk kembali lagi..

    BalasHapus
  26. Mas erik. Mas juga pernah ngerasaain seakan mas sebentar lagi mau mati? Apa itu cuman perasaan doang? Gimana cara ngilanginnya ya?

    BalasHapus
  27. Mas Erik, saya sudah bbrpa mnggu ini gk bsa tdr klo blm minum obat penenang. Jika hendak tidur perasaan takut, cemas dan jantung berdebar". Bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  28. Mas erik katanya kalo seluruh bagian di kepala bekedut katanya ajal nya sudah dekat saya juga mengalami hal tsb apa itu benar mas...????😩😩😰😰😰tolong jawabannya ya saya gelisah banget

    BalasHapus
  29. Mas erik katanya kalo seluruh bagian di kepala bekedut katanya ajal nya sudah dekat saya juga mengalami hal tsb apa itu benar mas...????😩😩😰😰😰tolong jawabannya ya saya gelisah banget

    BalasHapus
  30. Ya Allah sama semua keluhannya. Berawal dr ngelayat smpe skrg udh 2 th aku gini trs "(( ������ cemas takut ga ilang2
    Ngurus anak jd gk fokus juga "((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay ka rara..aku pun sm ngrasain hal itu..gk bs fokus ngurus anak

      Hapus
    2. Blh mnta kontak buat sling berbagi gk ka2 sklian
      .entah mau crita k siapa...suami gk ngrti apa yg aku rasain..

      Hapus
  31. Saya udah hampir 8 bulan merasakan penderitaan ini... Bingung mau cerita sama siapa... Sampai2 harus berhenti kerja karena saking traumanya.. Berawal dr dilarikan ambulan ke ugd gara2 alergi.. Bulan berikutnya Ugd lagi gara2 jantung berdebar... Di cek sana sini ujung2nya ternyata asam lambung... Tp trauma ga ilang2 sampai sekarang... Kayak di hantui rasa takut mati gitu... Mohon bantuannya mass erik

    BalasHapus
  32. Baca artikel om erik jadi semangat lagi, dan aku ingin sembuh..

    BalasHapus
  33. Saya juga sama ka😢sudah hampir 5 bln. Jalan sempoyongan, kadang sembuh kadang kumat, kadang tiba2 lg kerja keingt lg, pkiran kosong. Sudah pernah ruqiah, sudah bekam, sudah mengaji tpi ttp muncul prsaan, ketakutn yg amat sangat akan kematian, 😭

    BalasHapus
  34. Aslmlkm kak erik.. Terima kasih stelah baca buku kak erik, anxiety sy sdh sedikit demi sedikit hilang.. Sdh bs kerja lg, udh gk kpikiran terus sm gal2 aneh2.. Ttp kadang rasa takut mati itu muncul lg, ntar pergi lagi, muncul lagi, pergi lagi.. Apa emg bgtu ya? Trus klo kerjaan lg banyak badan jd ky rasanya dingin agak gemeteran gtu.. Mohon informasinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3