Langsung ke konten utama

# 10 HAL yg membuat Anda SUSAH SEMBUH dari anxiety & psikosomatis #

# 10 HAL yg membuat Anda SUSAH SEMBUH dari anxiety #

Seperti yg sudah saya bahas sebelumnya, anxie datang ketika emosi (perasaan takut) mengambil alih diri anda. Ini bisa di cegah jika otak LOGIKA Anda mengambil alih kembali tongkat kepenguasaan diri anda. Namun hal ini susah terjadi karena otak logika juga mempunyai beberapa kekurangan/kesalahan.

berikut adalah kekurangan yg harus di perbaiki:

1. CHEMICAL & Vitamin
karena otak terdiri sebagian besar dari cairan, maka chemical mempunyai peranan penting. Gaya hidup yg tidak sehat, kurang tidur, bergadang, kopi, ngerokok akan  menghabiskan seluruh persediaan vitamin B di tubuh kita. kurangnya Vit B dapat menyebabkan tubuh mudah terserang stress, panick dan anxiety. (silahkan googling)


2. MERAMAL
pliiiss deh.. ini adalah kebiasaan otak yg paling "pliis deh" banget. anda mulai mengira-ngira menebak bahwa kejadian kedepan nanti akan seperti apa. dan anehnya Anda mempercayai Hal tersebut.
90% Ramalan bersifat negatif/ atau wanti-wanti, iya kan?
jadi lebih baik anda menginginkan sesuatu di masa depan (misal : rumah) dibanding anda meramal diri sendiri, dan yakin bahwa orang seperti anda TIDAK AKAN pernah bisa membeli sebuah rumah. jadi kebiasaan buruk ini harus dihilangkan dari muka bumi.




3. GENERALISASI
ini juga yg paling aneh dan harus segera dibasmi.
Generalisasi adalah kebiasaan otak untuk menilai segala sesuatu sama rata. Misal:
Kalo cowo yg sifatnya XXX, pasti kalo udah kawin XXX (gak juga kaleeee)
Cewe yg tdk berambisi, pasti diem aja kalo ditempat tidur (padahal belom tentu)
kalo kena kanker pasti mati (ini juga blm tentu)
semua pengendara motor pasti ugal2an (kata siapa? saya enggak)
semua supir bis, seenak jidat nya saja (ada loh supir yg baik)


4. WORRYING (khawatir)
yes ini adalah pangkal dari anxie. thats why banyak orang yg sembuh dari anxie lewat cara agama, karena mereka telah 100% menyerahkan hidupnya kepada Allah. istilahnya "terserah Tuhan, mau ambil nyawa saya ambil sajalah." disini mereka stop khawatir, mereka sudah menyerahkan semuanya ke tangan Tuhan. Kalo kata lagu "dont worry, be happy."


5. FAULTY BELIEVE SYSTEM (sistem kepercayaan yg salah)
siapa yg percaya kalo anxie bisa bikin mati? ayo tunjuk tangan.
tenang bung, gak pernah ada satu orang pun yg mati gara2 anxie atau panick attack. kalo gak percaya: silahkan tutup hidung anda, atau tahan nafas anda sampe anda panik terus mati..
oke saya tunggu..
gimana, bisa?
ya gak bisa laah... karena sedetik sebelum anda mati, DEFENSE MEKANISM badan akan ambil alih tubuh kita untuk tetap survive. itu udah otomatis om. keren kan?
makanya ninja yg ketangkep, bunuh dirinya pake pil racun, bukan nahan napas sampe mati. Jadi, pliss calm down, anda gak akan mati gara2 anxie, cobalah menenangkan diri dan alihkan fokus anda sebelum anxie datang.


6. ANALISATOR -- KENAPA begini?? SALAH SIAPA? --> tidak result oriented
pernah berantem saat pacaran? masalah nya tidak akan kelar jika anda terus berdebat tentang mengapa ini bisa terjadi? kenapaaa? salah kamu? salah aku? keadaan? salah Tuhan? lalu siapa yg salah? kenapa? dan anda berdua pun berantem. beberapa hari kemudian anda baikan lagi, sayang2an lagi.
lalu hal YG SAMA terjadi kembali. anda kembali menganalisa masalah tsb.. jika hasil analisa anda ternyata pasangan yg salah, anda murka lalu berantem lagi, musuhan lg. dst.
masalah gak kelar kan?
mulai sekarang orientasikan pikiran anda ke hasil akhir. bukan penyebab atau menganalisa keadaan. STOP menganalisa sesuatu.
Percaya dehh, itu akan memperburuk situasi yg sudah buruk.
Harusnya anda berfikir "bagaimana cara agar saya tidak berantem lagi?"
dan "bagaimana caranya saya sembuh?" itu resultnya kan?


7. CURIOSITY KILL THE CAT -- cuma mau tau, bukan mau sembuh..
teman anda ngajak anda menonton film baru di bioskop. judulnya "GULING yg TERNODA" Anda dgn sifat analisa yg canggih berat itu berusaha mencari tahu terlebih dahulu apa jenis film itu? apa genrenya? siapa yg main? apakah ngetop dll? anda mungkin membaca sedikit sinopsis dari film tersebut.
kenapa? karena anda hanya menginginkan yg jelas-jelas saja.
seperti film indonesia pd umumnya, pada pertengahan film, anda sudah bisa menebak akhir cerita dari film tersebut, dan selanjutnya film tersebut tidak menarik lagi buat anda tonton.
Memang menganalisa sesuatu sangat mengasyikkan, tetapi setelah anda kelar menganalisa, anda pasti berkurang keiinginan untuk melakukan hal tersebut. kenapa? karena anda sudah tau hasil akhirnya.
inilah yg mengganggu proses recovery anxie anda. motivasi akan hilang ditengah jalan. Bahkan banyak orang yg membaca cara penyembuhan anxie sampai tuntas, namun setelah dia selesai baca dia tidak melakukan apa-apa untuk dirinya.


8. EASY WAYOUT - Mau cara yg iinstan dan mudah
Jaman Makin kesini, semuanya makin gampang. kitapun berubah menjadi individu yg seperti ini, yg maunya gampang saja (termasuk saya). saya gambarkan skenarionya seperti ini:
anda main bola, lalu terjatuh. anda pergi ke ICU dan diperiksa oleh dokter. Dokter bilang "wah ini tulangnya retak nih, musti di opname nih, sebulan baru sembuh..."
lalu anda bilang
"eh, dokter.. anda sekolah apa enggak sih?? yg sakit itu KAKI SAYA bukan TULANGNYA." lalu dokter memberikan Anda pain killer, dan sakit anda pun hilang. anda langsung pulang kerumah.
enak kan?  mudah kan?
berapa bulan kemudian, terjadi pengapuran pada tulang,  sakit di kaki kambuh lagi, kali ini bahkan lebih parah.
Nah, kalo udah kaya gitu enak gak?
Inilah yg banyak salah kaprah di temen2 penderita anxie (termasuk saya tahun 2008 dulu) saya mengira phobia saya akan sembuh dgn obat penenang, ternyata saya salah. phobia kambuh lagi, bahkan lebih parah.
Obat penenang hanya berlaku sebagai pain killer, seharusnya, selama saya mengkonsumsi obat penenang itu, saya harus TETAP bekerja untuk memusnahkan phobia dari diri saya. seperti kata ortu saya:
mabuk tidak menyelesaikan masalah, hanya melupakannya sementara.
masalah anxie masih tetap ada, menunggu saya disetiap tikungan kehidupan.


9. JUDGING - men-CAP sesuatu
sekali maling tetap maling, walaupun itu orang udah jadi nabi sekalipun, anda tetap menge-cap bahwa itu orang tetap maling dan gak akan pernah berubah.
ANDA SALAH BESAR, semua orang bisa berubah, semua kebiasaan bisa dirubah. bahkan salah satu hal yg selalu konsisten adalah PERUBAHAN. Jika anda biasa menge-cap seseorang atau keadaan (misal) mengecap Indonesia adalah negri yg korup, ya pasti selamanya akan jadi korup (itu menurut anda) dan anda pastii gak akan betah tinggal di indonesia. iya kan?
lalu jika anda mengecap diri anda bermuka jelek, anda juga gak betah dong tinggal di badan anda?
orang seperti itu secara otomatis akan MUDAH menge-cap dirinya juga:
saya lemah
penyakitan
jantungan
gak bisa sembuh
saya gak berguna, dll
atau:
tiap pagi kalo saya blm ngopi, badan blm nyatu
kalo saya marah, saya gak bisa terkendali
abis makan mie pasti sakit perut
setiap musim hujan pasti saya kena flu
atau:
orang miskin pasti gak bisa kaya
orang jelek pasti dapet cewe jelek
orang berpakaian seperti itu, pasti orang gak punya
cara ini pasti tidak ampuh buat saya
saya harus berobat ke singapore, kalo di indonesia dokternya gak ada yg bagus
dll...
dan apa yg anda pikirkan pasti kejadian (baca: buku the secret)
jadi udah tau kan buruknya seperti apa? rubah dong :)


10. MAXIMIZING PROBLEM - membesarkan2 sesuatu
pernah denger seorang membesar besarkan sesuatu? dia bilang punya duit banyak, skill yg banyak, hidup saya paling indah, keluarganya hebat, punya ini itu, dia punya anak yg paling baik, bisa ini itu dll.
ya itu adalah orang yg suka membesarkan-besarkan sesuatu agar orang lain mempercayai dirinya, atau kegiatannya, atau menaikkan sosial statusnya, atau agar dirinya mempercayai dirinya.
namun ternyata kebiasaan tersebut juga berdampak di hal2 yg negatif.
tanpa dia sadari Hal2 negatif juga turut dia besar-besarkan. misal:
sakit sedikit terasa sakit besar.
ketidak mujuran dianggap suatu musibah yg besar
pekerjaan kecil dianggap sebagai pekerjaan yg sangat ribet.
masalah kecil menjadi besar.
lupa sedikit aja, si Doi ngambeknya bisa berhari-hari.
jika sifat ini dibiarkan, orang seperti ini bisa merujuk kepada keadaan bipolar disorder. jika senang akan merasa senang banget (sampe ephoria), jika sedih akan merasa sedih banget (sampe depresi).
walaupun bipolar diderita oleh orang2 besar dunia seperti the doors, hitler, bethoven, alexander the great, tapi percayalah kepada saya, anda SANGAT tidak membutuhkan sifat ini disaat anda menderita anxie panick disorder.

Komentar

  1. inlahh sifat2 saya yang sulit di ubah makanya sulit sembuhh...
    tapi harus bisa berubah.. pasti!

    BalasHapus
  2. bisa gan.. pasti bisaaa

    BalasHapus
  3. asep komarudinJuni 29, 2014

    Panik yang saya rasakan dan datang itu pada saat shalat jum at ... pas berdiri saya tiba tiba merasa panik dan ketakutan sampai jantung berdebar sesak nafas dan kliyengan .... dari situ setiap salat jum at selalu perasaan itu muncul membuat saya jadi suka cemas dan takut kejadian itu ... dan itu benar benar membuat badan lemas .... kemarin shalat tarawih juga gitu saya coba untuk bisa konsen walaupun sampe keringetan dingin dan kaya kleyengan .... padahal saya ingin sekali bisa ibadah dengan bener :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan, ane juga gitu, bahkan ane hampir tiap malam ngerasain sesak nafas

      Hapus
  4. asep komarudinJuni 29, 2014

    Panik yang saya rasakan dan datang itu pada saat shalat jum at ... pas berdiri saya tiba tiba merasa panik dan ketakutan sampai jantung berdebar sesak nafas dan kliyengan .... dari situ setiap salat jum at selalu perasaan itu muncul membuat saya jadi suka cemas dan takut kejadian itu ... dan itu benar benar membuat badan lemas .... kemarin shalat tarawih juga gitu saya coba untuk bisa konsen walaupun sampe keringetan dingin dan kaya kleyengan .... padahal saya ingin sekali bisa ibadah dengan bener :(

    BalasHapus
  5. mas erik mau tanya donk, aku dalam proses pengen sembuh dari anxiety, dengan gejala: takut gila, panik kl kena tekanan, otak ga bisa mikir alias jadi kurang daya tangkap, jadi pelupa.

    perntanyaannya:

    gimana cara untuk menyetop pikiran kita yang selalu bikin analisis2 dan ramalan2..bahkan nginget2 kejadian yang bikin hati ga nyaman, aku udah coba bicara pada pikirannku untuk berhenti, tapi pikiranku tetep aja bikin analisis2?
    mohon pencerahan

    BalasHapus
  6. erik, bahas tentang GAD dong, gimana ya cara nyembuhin nya soalnya ini nyiksa banget. perasaan gelisah dan cemasnya sepanjang hari, ga bisa heppy total.
    gimana ya cara untuk menangani cemas yang sepanjang hari? baru bangun tidur aja udah cemas tapi ga jelas cemasnya ini karena apa, semua hal di sekeliling bikin cemas, misal melek mata, udah langsung kepikiran yang enggak enggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentang GAD sudah ada di buku versi cetak mbaak

      Hapus
  7. Mas erik terimakasih bgt blognya membantu bgt buat proses recovery anxiety. Terlebih gaya bahasanya yg tegas seakan tidak memanjakan para anxiety seperti kami tapi sedikit ada humornya juga. Semoga semakin banyak org yg membaca apalagi terbantu semakin mengalir pula amal jariyah mas.

    BalasHapus
  8. Cara nyetop pikiran? gak bisa mas.
    caranya adalah dengan merubah SIFAT dan PERILAKU kita.
    jadi otomatis respon kita terhadap situasi (dan masalah) akan ikut berubah..
    ini artikelnya di Renungan bulan Puasa


    GAD kan udah ada, di trik v7 expert, eh udah aku uplot blm ya?

    BalasHapus
  9. Kasian orang yg terkena anxiety,,minum obat pun ga kn menyelesaikan maslah

    BalasHapus
  10. V7 expert blm di uplad deh mas erik kayaknya baru sampe v 6, ditunggu ya uploadannya

    BalasHapus
  11. Mas erik please bahas dong tentang:
    1. Cara menumbuhkan semangat yang stabil yg ga sesaat(kadang orang anxie hari ini udah komit nih mau berubah, besoknya eh psimis lagi)
    2. Gimana cara menumbuhkan optimis dan keberanian untuk menata kehidupan yg berantakan akibat anxie, banyak penderita anxie yg keluar dari kerjanya dan sampe skrg belum berani buat ngelamar kerja lagi. Yang kuliah, mengambil cuti kuliah dan blm berani melanjutkannya kembali, merasa sudah tidak layak utk sukses, merasa semua sudah terlambat, anxie adalah kebodohan yang paling fatal dihidupnya
    3. Gimana cara menumbuhkan rasa percaya diri jika bertemu dengan orang2 yang pernah menyaksikan kita anxie, yang sudah berkurang Kepercayaannya terhadap kita. Bagaimana mengatasi rasa malu terhadap orang yang pernah menyaksikan kekonyolan pikiran dan tindakan saat sedang anxie?

    BalasHapus
  12. @ika aku udah jawab di kolom tanya-jawab.

    disini :
    http://erikwibowo.blogspot.com/2014/09/tanya-jawab-ika.html

    BalasHapus
  13. Blog ini update tulisannya tiap brp lama sekalinya ya? Aku pengunjung rutin blog ini dan suka mempraktekan tips2 yg ada di blog ini, semoga pemilik blog ini selalu bisa share tips2 menyembuhkan anxiety, blog ini bermanfaat sekali

    BalasHapus
  14. Mas saya sudah terkena anxiety sudah 3th dan membaik setelah rutin minum obat.. Tapi tetap saja sering cemas dan selalu takut anxiety kambuh...kira2 apakah anxiety bisa sembuh dngn cara hipnotis ? Dan makasih infonya klo anxiety tdk mungkin menyebabkan kematian,saya jadi tenang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anxiety disembuhkan OLEH diri sendiri..
      cara yang lain itu hanya support..
      termasuk obat psikiater

      jika HANYA melakukan support nya saja, yaa gak kan sembuh

      Hapus
    2. Anxiety saya kambuh lagi bg.. Padahal setelah terapi refleksi saya sudah bisa beraktivitas seperti semula selama 2 bulan.. Tapi kambuh lagi karna saya gagal utk tidur mlm.. Dari situ muncul rasa kesal karena tidak bisa tidur.. Dan sampai skrg cemasnya gk bisa ilang2.. Saya sudah pesan bukunya bg.. Mohon sarannya dong bg

      Hapus
  15. mas apa setiap anxiety selalu merasa kepala serasa muter2... di kaki serasa ada yang bergerak-gerak... serasa jalan diayunan... dan tidur pun begitu.... klo tidur kagetan... ? cemasnya datang dan pergi... yg ngga nyaman ya ininya... saya yakin saya bisa sembuh.. meskipun saya blmm sembuh... apakah motivasi ini banyak membantu mas...?

    BalasHapus
  16. Cuman mau berbagi sdkit. Tahun lalu aku sempat kena anxiety, takut mati dan takut jadi gila. Tapi skrg aku sdh sembuh, tidak ada lagi rasa takut seperti diawal2 pertama anxiety.. Cara aku ga ingat anxiety smpe benar2 hilang rasa itu. Setiap hari aku usahakan lari pagi, minum air lemon. Kadang aku renang di komplek, dan aku slalu berdoa bersyukur kpd Tuhan membuatku merasa tenang..

    BalasHapus
  17. Mas artikel nya sangat bagus dan mendorong saya utk sembuh. Saya sudah mengalami anxiety skitar 3 th lalu hingga skr. Klo kbanyakan org yg menderita anxiety itu takut mati, takut sakit, takut gila. Beda hal nya dgn saya, saya takut pingsan. Jadi setiap saya mau bepergian saya langsung panik karna takut pingsan. Sejujurnya belum sembuh sih, tpi saya ingin sekali sembuh dari penderitaan ini. Sudah melakukan hipnoterapi, tpi hanya sdikit membantu. Hipnoterapi nya masih harus serinh d update dan update terus. Bisa kasih masukan mas?? Caranya supaya saya berani jalan2, atau keluar rumah sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli bukunya aja...
      Hubungi : YUNI 085216373217 atau 081905611616

      Hapus
  18. artikel yang bagus , saya juga sedang memesan bukunya , saya juga di vonis dokter anxietas dan spasmofolia , semoga dengan membaca buku dari mas erik wibowo membantu untuk sembuh dari penyakit ini .

    terimakasih , sukses salalu dengan karya nya yang bisa membantu semua orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PASTI SEMBUH , ASAL IKUTI PERSIS petunjuk dibukunya..
      kalo ada masalah jangan lupa posting di grup facebook buku anxiety yaa...
      biar aku followup disana

      Hapus
    2. sya pengen pesen bukunya, sya juga penderita anxiety, sya sangat menderita banget

      Hapus
    3. Buku ini sudah di cetak, Untuk saat ini HANYA bisa dibeli secara ONLINE, berisi info tentang cara penyembuhan anxiety. Hubungi : YUNI 085216373217 atau 081905611616

      Hapus
  19. Terima Kasih info ny, spertinya ap yg sya alami trmasuk anxiety jga, ntar sya coba beli buku ny

    BalasHapus
  20. Mas erik saya mau nanya, apakah penyakit axiety bisa sembuh tanpa obat penenang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu SALAH KAPRAH 1000%
      obat penenang (alprazolam, zyprax, valium, dll) itu TIDAK MENYEMBUHKAN ANXIETY.. silahkan tanya sama psikiater manapun..
      saya ulangi TIDAK MENYEMBUHKAN ANXIETY...

      obat golongan SSRI yg menyembuhkan.. bukan obat penenang..
      ...

      Apakah tanpa obat penenang anxiety bisa sembuh? yaa bisa... saya tanpa obat kok..
      kalo gak bisa, baru kamu ke psikiater nanti dikasih obat SSRI (seperti kalxetin, fluoxetin, dll)
      obat penenang itu cuma pain killer saja.. anxietynya gak sembuh dengan obat itu

      Hapus
  21. info yg brguna. Makasih banyak ya. saya hampir ambil obat penenang gara ga tahan anxiety .Alhamdulilllah jmpa blog ini.Makasih ya mas. Makasih banyak. Moga Allah berkati tuan. Salam perantau dari Malaysia. Good job. (Y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. obat penenang, hanya seperti pain killer saja
      mereka tidak menyembuhkan anxiety, mereka hanya pain killer saja,
      yang menyembuhkan anxiety ada di blog ini..
      gunakan obat penenang jika kamu sudah praktekin semua di blog ini, tapi masih gak bisa bekerja di kantor

      Hapus
  22. Pak Erik, saya sangat terkesan dengan blog yang bapak tulis. Saya juga terkesan dengan lagu yang bapak buat. Bapak, saya benar-benar tertekan sekarang. Terasa semuanya tidak pasti. Saya sangat takut untuk keluar. Karena ketika anxiety ini kumat, aku akan menjadi orang yang benar-benar berbeda. Bahkan saya hari ini memutuskan untuk bolos kerja karena takut kemampuan komunikasi yang tiba-tiba hilang sejak beberapa hari yang lalu. Sudah 3 hari ini anxiety datang lagi. Otak saya benar-benar kosong. Apa yang harus aku lakukan sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba minum vitamin b kompleks dulu, kalo baru 3 hari maish bisa ketolong kok..
      yakin kkan diri bahwa kamu ada dalam keadaan aman dan tenang.. udah resapi 2 kata itu aja..
      sama pasti ada stress atau tekanan, kemungkinan dari pekerjaan atau masalah teman/cinta.. nah beban itu diselesaikan dulu agar tidak overload di hati..
      semoga sukses..
      kalo baru kena itu masih mudah sekali untuk disembuhkan, asala jangan terlalu berlarut larut dama anxie (ini bisa tambah parah) jadi cuekin aja, anxiety ituhanya bentuk emosi, seperti sedih, bahagia,, nangis, ketawa..

      baca2 aja terus di blog ini.. lihat di daftar isi blog ini..

      Hapus
    2. anxiety dan spasmopholia apakah berhubungan kak ?

      Hapus
  23. Kok bukunya sudah habis kak eric,saya mau beli nii

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada disini https://www.tokopedia.com/marcia-nice/buku-tentang-cara-sembuh-dari-anxiety-erikwibowo-2

      Hapus
  24. Kok bukunya sudah habis kak eric,saya mau beli nii

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi di cetak, masuk cetakan yg ke 2... kemungkinan 25 juni 2016 sudah adad lagi

      Hapus
  25. Saya terserang panik 4.5 bulan yang lalu dan berobat ke psikiater seminggu setelah serangan. Dari situ lalu mulai anxiety alhamdulilah sekarang berangsur sembuh, selain obat psikiater saya juga minum vitamin Omega 3 (yg singa laut), vitamin B complex, vitamin C (setelah perut nggak sakit), yoga/olah raga rutin, baca buku2 motivasi, baca blog mas erik, ibadah ke Alloh Swt, mencoba pasrah, lebih sering kumpul sama keluarga dan teman2, minta support ke suami dan menceritakan detail perasaan n kondisi saya supaya dia ngerti, dan sekarang Ya Alloh alhamdulilah saya berada di titik "menang" melawan anxiety. Semangat terus ya kawan, yakin sembuh, pasti bisa!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah semoga bisa jadi inspirasi buat teman teman yg lain,,, amiin

      Hapus
  26. Asalamualaikum mas erik, saya pria umur 25 tahun, saya menderita penyakit ini sekitar 2 thn,kenapa ini terasa menyiksa sekali karena penyakit ini datang di usia produktif saya, gara2 ini semua terganggu,pekerjaan,pribadi,bersosialisasi dengan masyarakat semuanya jd terganggu, yaa Allah semoga kita semua di beri kesembuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh pertanyaannya apa yah? ini mengeluh apa nanya yah?
      anxiety ya memang seperti itu, gak pandang umur.. dan sebaiknya kurangi mengeluhnya, dan JANGAN ANALISA penyebabnya.. fokus kepada solusi penyembuhannya aja mas.

      Hapus
    2. Terimakasih mas erik... pertanyaan pertama,dan terakhir, apakah penyakit ini bisa sembuh sendiri, atau harus dengan bantuan orang lain, dr,psikolog,terapis ?

      Hapus
  27. ass.. sy kena anxiety 3 bln yg lalu. awalnya setelah minum teh tarik kepala pusing cemas, hampir pingsan. ternyata kata herbakis sarap otonom sy rusak akibat paparan makanan/ minuman yg tdk baik. setelah itu setiap sy mencoba keluar rmh tdk nyaman. merasa terpisah dngn diri, kagetan, bingung, tkt mati dan gila jg tkt stroke. blog ini sangat membantu,mas erik luar biasa sy langsung besar hati dan akann segera melaksanakan petunjuk nya. mksh mas erik

    BalasHapus
  28. Terima kasih mas Erik atas tulisan dan videonya, saya sangat terbantu dengan kiat-kiat mas Erik. Saya jadi lebih tahu apa yang mesti dijaga dan apa yang perlu dihindari. Alhamdulillah perkembangannya semakin baik. Saya sudah memesan buku mas Erik, semoga bisa segera sampai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih juga om. sama sama... jgn lupa subscribe youtube dan blog ini, agar kalo ada tulisan baru langsung tau

      Hapus
  29. Mas erik sudah setaunan ini saya tidak bisa tidur. Kalau menjelang malem perasaan cemas dan takut.sudah beberapa bulan ini saya minum obat penenang dari dr psikiater. Itu pun kalau tidur sering terbangun beberapa kali. Saya ingin sekali bisa sembuh dan tidur tanpa bantuan obat apapun. Gimana ya cara nyembuhin nya?saya baru saja mau memesan bukunya

    BalasHapus
  30. Aku juga penderita anxiety...skrng dlm proses berjuang untuk sembuh....cara saya meminta kesembuhan kepada allah dngan rutin sholat hajat....alhmdllah saya bisa mengatasi bila serangan itu datang.

    BalasHapus
  31. Makasi mas.. Sgt membtu nhi blog.a

    BalasHapus
  32. saya sehat ... saya sehat .
    ya allah berikan kesembuhan termasuk saya dari gangguan anxiety yang sangat menyiksa .

    BalasHapus
  33. Saya udah hampir 2 minggu terkena anxiety, berawal dari ketakutan akan operasi sesar, saya sering search mengenai operasi sesar dan dampak2nya. Alhamdulillah operasi lancar,saya dan anak sehat. Tapi setelah 1 minggu di rumah, saya sering cemas akan kesehatan saya (pengaruh omongan ibu2 tentang penyakit2 sehabis melahirkan). Awalnya saya takut darah tinggi, setelah periksa ke dokter dan katanya sehat, saya tenang dan gak kambuh lagi. 2 minggu setelah itu, jantung saya berdebar2 dan saya langsung panik dan takut kalo sakit jantung, takut mati. Saya jadi cuekin anak saya, gak mau ngurus bayi saya yg masih sangat kecil.Saya pun periksa ke dokter tapi cuma di ketawaain, cuma di kasih obat maag dan penenang. Tapi tetap aja cemas setiap hari. Anehnya, kalo jalan2, saya lupa sama cemasnya, tapi kambuh lagi kalo pulang ke rumah, masa iya saya harus jalan2 terus...hahaha 😂. Saya yakin bisa sembuh kok, dan saya bersyukur banget bisa kena penyakit anxiety ini, karena saya jadi pribadi yg lebih baik, lebih dekat sama Allah, lebih sabar, pokoknya saya jadi pribadi yg lebih baik dari sebelumnya. Kalo anxiety kumat, saya pasrah aja, saya nikmati, saya yakin kalo Allah kasih penyakit ini karna saya kuat. Mudah2an kita semua sehat selalu ya, dan anxietynya gak kumat lagi. Aamiin...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitamin B Kompleks yang bagus untuk Anxiety Disorder

# MENGENAI VITAMIN B COMPLEX cara memilih vitamin B . Saya selalu menyarankan untuk mencari vitamin b-complex yang sekitar 50 mg. (di pasaran paling tinggi ada yg sampe 200 mg) kalo mau lengkap, banyak pilihan, bisa cari vitamin-nya di guardian atau di apotik2 yang jual vitamin impor. Anda akan mudah mendapatkannya jika membeli via online betominplex itu kandungan b nya hanya 2 mg. ini sangat kurang sekali. . Jika Anda stress, maka tubuh akan ngabisin stock vitamin B dalam tubuh. Anda. Nah yang perlu diketahui : . 1. Tubuh TIDAK BISA memproduksi vitamin B sendiri, jadi vitamin ini harus di dapat lewat makanan. seperti Beras merah yang banyak mengandung sumber vitamin B, tapiiiii... . 2. ASAM LAMBUNG anda yang sedang ngaco dapat menghancurkan vitamin B sebelum bisa diserap oleh tubuh. Akhirnya tubuh jadi gak bisa dapet vitamin B, Alhasil ketika stress menyerang, tubuh anda tidak mampu menahan stress, ini bisa gawat. . 3. Jika anda minum vitamin B yang 50 mg, mungkin t

# CARA SEMBUH GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS

# SEMBUHKAN GERD + PANICK & PSIKOSOMATIS Pengetahuan . Sebelum membaca ini, yang belum mengerti tentang apa saja gejala gerd, gejala panik, dan anxiety, silahkan baca terlebih dahulu disini : http://erikwibowo.blogspot.com/2013/10/kriteria-panic-disorder-phobia.html . AWAL MASALAH: Awalnya anda khawatir akan sesuatu hal. */ Terlalu mengkhawatirkan sesuatu hal (anxiety) maka rasa khawatir itupun berubah menjadi panik. Panik attack membuat gejala PSIKOSOMATIS pun keluar. Gejala psikosomatis sering kali keluar bersamaan dengan gejala GERD. Rasanya memang seperti orang mau mati. Dan Otak Anda pun mengingat hal ini, dan menandainya sebagai kejadian "BERBAHAYA".

Buku ke 2 CARAKU KELUAR DARI LINGKARAN KECEMASAN

untuk pembelian buku jilid 2... bisa dibeli disini yaa.. https://tokopedia.link/sCoc/JfkAesVNCJ Link tokopedia kami : https://www.tokopedia.com/marcia-nice/etalase/marcia-nice Buku ke -2 ini bersambung, Buku ke - 3 akan segera release di bulan maret Daftar Isi Buku ke-2 dan ke-3